BLANTERORBITv102

    Menginspirasi dan Memberi Manfaat Melalui Tulisan Ala Mbak Denik

    Kamis, 03 Maret 2022

    Semenjak didirikannya sampai sekarang angkatan 9, Komunitas One Day One Post (ODOP) tidak pernah kekurangan prestasi dari para anggotanya. Setiap angkatannya selalu harum dengan banyak prestasi di dunia literasi.

    Salah satu prestasi yang baru-baru ini diraih oleh salah satu anggota ODOP adalah dari angkatan 2 atas nama Denik, Perempuan kelahiran Surabaya yang kini menetap di Jakarta Selatan, yang memenangkan lomba blog Kompasiana Jogjakarta dengan tema Momen Indah tahun 2021. Tema ini semacam memoar yang tentu saja diambil dan diikuti oleh Mbak Denik karena ia memang menyukai ide dan gagasan tersebut.

    memberi manfaat melalui tulisan
    Denik - anggota ODOP 2

    Memberi Manfaat Melalui Tulisan

    Saat dihubungi melalui telepon seluler, sosok wanita yang hobi traveling ini menuturkan tentang keseruannya mengikuti lomba kompasiana Jogjakarta ini, karena walaupun skalanya regional, tetapi pesertanya adalah kompasioner seluruh Indonesia dan juga luar negeri. Jadi, ini seperti kompetisi lokal rasa nasional.

    Dalam tema yang diusung di lomba Kompasiana, Mbak Denik yang juga memiliki 6 blog personal ini menceritakan tentang pengalamannya menjalani masa-masa pandemi di tahun 2021 yang ia isi dengan tetap produktif walau di rumah saja. Kegiatan produktif yang dimaksud adalah dengan menulis sesuai minatnya. Kebetulan di tahun 2021 ini ada proyek menulis buku antologi dengan tema Aku dan Perpustakaan yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional di mana ia menjadi salah satu kontributornya.

    Dengan pembawaan tulisan yang santai namun tetap berbobot, akhirnya tulisan dengan judul Paket Spesial Dari Perpustakaan Nasional Press karya Mbak Denik meraih meraih juara 3 dari lima terbaik. Kesan pertamanya menjadi salah satu karya terbaik di lomba Kompasiana sempat tak ia sangka, tak ia percaya. Lama-lama, tentu saja ia senang memenangkan lomba menulis tersebut, karena ini berarti tulisannya diakui dan disenangi.

    Ternyata, ini bukan kali pertama Mbak Denik memenangkan lomba menulis blog di Kompasiana. Ada juga tema-tema lain yang ia juarai sebagai seorang Kompasioner. Tema-tema lain yang pernah dijuarainya seperti tentang Piala Oscar, Film Indonesia, Fiksi Mini, Kuliner, dan Juga Sosok Inspiratif.

    Dari sekian banyaknya lomba yang dijuarai, Mbak Denik yang juga telah menerbitkan 3 buku ini mengatakan bahwa hadiah berupa nominal uang bukanlah hal utama yang ia kejar, tetapi ia lebih menekankan bahwa tulisannya ingin memberi manfaat dan menginspirasi para pembaca. Ia menganggap hadiah dari lomba menulis adalah bonus dari kerja kerasnya selama proses menulis.

    Sebagai anggota ODOP yang telah bergabung lama dengan generasi awal pendirian komunitas literasi ini, Mbak Denik yang juga hobi mengurus tanaman ini memberikan tips agar kita siap mengikuti sebuah lomba menulis. Beberapa tipsnya adalah

    1. Yakinkan bahwa tulisan kita sesuai dengan ide dan gagasan dari tema yang diangkat panitia, sehingga tulisan kita layak di depan meja juri dan juga dapat dinikmati oleh para pembaca pada umumnya.
    2. Tulisan yang kita buat harus memberikan manfaat, memotivasi, dan menginspirasi bagi pembacanya.
    3. Pilih lomba dengan tema menarik dan yang kita kuasai, bukan semata mengejar hadiah 

    Teman-teman Odopers, tips dari Mbak Denik di atas bisa nih kita coba ketika mempersiapkan diri mengikuti lomba menulis. Siapa tahu bisa kita bisa menjadi langganan juara seperti sosok yang juga pernah jalan-jalan ke luar negeri bonus dari ngeblog ini.

    Terakhir, Mbak Denik memberikan sebuah pesan kepada teman-teman Odopers semua tentang hal menulis

    Inti dari apa yg kita tulis adalah bisa menginspirasi pembaca dan memberi manfaat.

    Ia juga memberikan sebuah qoute untuk menutup obrolan hangat dengannya

    Apa yg sudah menjadi pilihan, kesukaan, tekuni saja! Pasti ada hasilnya.

    Reporter : Yonal Regen - ODOP 8

     


    1. selalu semangat bikin artikel artikel yang bermanfaat untuk orang lain

      BalasHapus