BLANTERORBITv102

    Jihan Mawaddah, Ketua ODOP, Menang Lagi di Lomba Blog Traveloka

    Senin, 21 Februari 2022

    ODOP, komunitas menulis satu hari satu tulisan, One Day One Post patut berbangga. Ketua ODOP yang baru dilantik, Jihan Mawaddah adalah seorang seorang blogger aktif yang dikenal menjadi jawara aneka lomba blog. Hal ini tentu menjadi sebuah lecutan semangat bagi anggota komunitas untuk bisa belajar mendulang kesuksesan sebagai penulis dan menghasilkan pundi-pundi uang melalui tulisan, utamanya lewat blog.

    Menang Lagi di Lomba Blog Traveloka

    pemenang lomba blog traveloka
    Jihan Mawaddah, Ketua ODOP 2022 

    Salah satu lomba blog teranyar yang dimenangkan oleh Jihan Mawaddah di tahun 2022 ini adalah lomba yang diadakan Traveloka. Traveloka adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara yang kini juga merambah pasar Australia, yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memesan berbagai layanan transportasi, akomodasi, aktivitas dan gaya hidup, serta keuangan.

    Lomba blog bertajuk Traveloka PayLater Blogger Competition, periode Januari 2022 ini mencari 5 juara umum dan 5 juara favorit. Ketua ODOP berhasil menjadi juara ketiga dan berhak memenangkan iPad Air 4th Gen dan Emas Antam sebesar satu juta.

    “Awalnya ragu ikut lomba Traveloka karena saya tidak punya pengalaman menggunakan aplikasi itu. Saya bukan orang yang suka traveling jauh, apalagi merencanakan liburan dan memesan akomodasi lewat aplikasi. Sehingga saya mencoba untuk mengambil sudut pandang sebagai salah satu pegawai honorer yang tidak punya cukup uang untuk pergi ke luar kota. Alhamdulillah nampaknya ini jadi sudut pandang yang disukai juri.”

    Saat ditanya persiapan untuk lomba ini, beliau bertutur bahwa riset dan membaca persyaratan lomba dengan saksama adalah kuncinya. Cek dan cek ulang untuk memastikan tidak ada syarat yang tertinggal. Selain mutu tulisan yang berbobot, tampilan artikel untuk diposting di blog juga penting. Bagaimana sebuah tulisan bisa memikat pembaca ditambah dengan gambar dan infografis yang mendukung, adalah nilai penting yang akan memikat juri.

    Lebih lanjut, pemenang ketiga lomba blog Traveloka ini bercerita bahwa dirinya tidak berharap akan memenangkan juara utama. Menjadi juara favorit pun sudah menjadi pencapaian yang baik baginya. Ternyata, malah juara ketiga yang didapat.

    “Salah satu kunci keberhasilan memenangkan lomba yang diadakan aplikasi berlibur ini adalah menggunakan sudut pandang unik dan riset mendalam.” 

    Faktanya ia hampir tidak pernah menggunakan aplikasi ini, uniknya, para juri terpikat dengan gaya menulis dan sudut pandang cerita yang disajikan. Kemampuan meramu ide, pengalaman, sudut pandang, gaya bahasa, dan persiapan lomba yang cukup menjadi jawaban atas keberhasilan di lomba ini.

    Untuk menggelorakan semangat menulis, terutama bagi rekan sesama blogger ataupun mereka yang baru memulai kegiatan menulis, khususnya di platform blog, Jihan berbagi tips kemenangan lomba blog. Yang pertama, setiap mengikuti lomba wajib memahami tema dan memenuhi syarat dan ketentuan. Unsur ketepatan waktu juga hal penting, karenanya membuat timeline sendiri akan memudahkan proses menulis sampai publishing.

    Berkaitan dengan kepenulisan, lihai menentukan sudut pandang adalah jalan kesuksesan. Caranya dengan memperbanyak referensi. Cara lain untuk memperkaya isi tulisan adalah dengan memberikan pengalaman pribadi atau orang terdekat untuk mempercantik story telling. Lalu, tulisan disusun dalam outline yang baik, karenanya teknik ini juga wajib dimiliki blogger sehingga tulisan bisa terstruktur dengan baik.

    Selain tambahan infografis yang relevan dan menarik sebagai unsur estetik tulisan, ketua ODOP juga berpesan untuk selalu belajar dari pemenang lomba sebelumnya dari penyelenggara yang sama. Belajar menganalisis mengapa tulisan tersebut menang, apa keunggulannya, dan apa nilai lebihnya. Terakhir, tentu saja mengirim, banyak berdoa dan lupakan apa yang sudah dikerjakan untuk fokus pada target-target lain yang harus dieksekusi.

    Reporter : Silvana Devinta