BLANTERORBITv102

    Menantang Diri Untuk Terus Berprestasi, Marita Surya Ningtyas Sabet Juara ASUS

    Senin, 21 Februari 2022

    Komunitas One Day One Post (ODOP) hadir sebagai salah satu komunitas yang meramaikan khasanah literasi di Indonesia. Dalam perkembangannya, Komunitas ODOP selalu memotivasi para anggotanya untuk terus berkembang dan berprestasi di dunia literasi.

    Untuk memacu para anggotanya dalam mengembangkan diri di dunia literasi, komunitas ODOP membekali anggotanya dengan beragam kelas di dalamnya. Salah satu kelas yang tersedia di komunitas ODOP adalah ODOP Blogger Squad yang lebih dikenal dengan kelas OBS, kelas yang mewadahi para narablog untuk belajar menyelami dunia kepenulisan dalam blog.

    Marita Surya Ningtyas Sabet Juara ASUS

    juara asus
    Marita Surya Ningtyas, PJ ODOP Blogger Squad 2022

    Adalah sosok Marita Surya Ningtyas Handayani, salah anggota komunitas ODOP yang aktif di kelas ODOP Blogger Squad. Tahun ini ia juga diamanahi menjadi salah satu mentor di kelas OBS yang selalu memberikan materi dan tugas setiap pekannya.

    Sebagai seorang mentor di kelas OBS, tentunya sosok ibu dua anak ini akan menjadi pusat perhatian para anggota yang sedang belajar tentang blogging di kelas ini. Para anggota kelas OBS pasti ingin mengetahui tentang sepak terjang dan prestasi di dunia blog dari sosok yang menjadi mentor di kelasnya.

    Sadar akan kapasitasnya, istri dari Programmer Martin Eko Setiawan ini memang patut diacungi jempol. Perjalanannya di dunia blog bukan main-main.

    Saat ini Mbak Mar -begitu ia biasa disapa mengelola beberapa personal blog yang dimilikinya, prestasinya pun luar biasa. Ia menjadi salah satu blogger yang biasa langganan menjuarai kompetisi menulis di blog.

    Terakhir, ia baru saja memenangkan lomba menulis ASUS OLED pada awal tahun 2022. Menjadi salah satu peserta favorit dengan hadiah uang Rp 1.000.000 pastinya menjadi prestasi yang membanggakan.

    Ini bukan pertama kali ia memenangkan lomba menulis di blog dengan tema laptop ASUS. Ia pernah menjadi juara 1 dan 2 pada lomba serupa di tingkat Kota Semarang.

    Ia masih merasa tertantang untuk terus mengikuti lomba ASUS tingkat nasional. Salah satu alasannya adalah karena pesertanya tentu saja lebih kompetitif, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya.

    Mbak Mar menuturkan, jika ada lagi lomba dengan tema ASUS di tingkat nasional, ia akan kembali menantang dirinya untuk mengikuti lomba ini, dengan harapan ia bisa menempati 3 besar dari hasil lomba tersebut. Rasa belum puas ini menjadi salah satu yang memotivasi untuk menantang dirinya dalam mengikuti perlombaan-perlombaan di blog.

    Ada satu pengalaman yang ia ceritakan dalam mengikuti setiap perlombaan. Ia rata-rata menang perlombaan menulis di blog ketika ia sedang membutuhkan hadiahnya. Menurutnya ini semacam jalan dari Tuhan untuk menjadi salah satu jalan ikhtiar dalam kehidupannya. Seperti ketika ia memenangkan uang 1 juta dari lomba ASUS OLED kemarin, saat itu tepat ia membutuhkannya untuk membayar sekolah sang anak. Sungguh luar biasa.

    Terakhir, Mbak Mar memberikan motivasi kenapa para narablog harus ikut perlombaan-perlombaan menulsi di blog. Setidaknya ada 4 hal yang ia jadikan motivasi untuk mengikuti setiap perlombaan, yaitu:

    1. Menantang diri dalam menulis sebuah tema yang ditentukan, yang nantinya tentu saja akan dinilai oleh juri apakah sudah sesuai dengan ide yang diinginkan panitia.
    2. Mengejar Hadiah. Ini merupakan sebuah bonus dari hasil menulis yang memang tidak mudah. Butuh observasi yang mungkin tidak sebentar untuk mendalami sebuah tema Ketika mengikuti sebuah perlombaan dan semuanya akan terbayarkan Ketika kita menerima hadiahnya.
    3. Belajar dari Lawan. Ketika mengikuti sebuah perlombaan menulis di blog, tentu saja para kompetitornya luar biasa. Banyak dari mereka juga sudah terbiasa menjadi langganan memenangkan perlombaan. Selain menjadi saingan dalam perlombaan, ada sisi positif lain yang bisa digali, yaitu belajar dari para competitor tentang bagaimana cara mereka menulis sehingga dapat menjadi juara dan bis akita adaptasi dengan gaya menulis kita sendiri.
    4. Belajar menguatkan mental. Menurutnya, jika mental kita tidak siap maka akan mempengaruhi poses menulis kita, sehingga tak akan memungkinkan untuk menghasilkan tulisan yang maksimal. Untuk itu, salah satu hal yang harus dimiliki Ketika akan mengikuti sebuah perlombaan adalah mental yang kuat.
    Menutup obrolan hangat dengan Mbak Mar, ia memberika quote penyemangat bagi teman-teman narablog yang akan mengikuti sebuah perlombaan :

    Kalau menang tidak boleh di atas angin, kalua kalah tidak boleh menyerah

    Reporter : Yonal Regen 



    1. MasyaAllah ibu yang luar biasa.^^
      Menantang diri, Mengejar Hadiah, Belajar dari Lawan, Mental yang Kuat.
      Saved.^^

      BalasHapus