BLANTERORBITv102

    Open Recruitment Komunitas Menulis ODOP Batch 11

    Kamis, 11 Mei 2023
    Setiap orang mempunyai alasannya masing-masing untuk menulis, ada yang karena ingin mencurahkan isi hati saja. Ada yang ingin berbagi pemikiran. Ada juga yang ingin menyuarakan pendapatnya. Ada juga karena profesinya. Apapun alasannya, seorang penulis hanya ingin berbicara melalui tulisan.

    Umumnya orang yang mempunyai kesamaan akan berkumpul seperti sebuah pepatah Arab, “Sesungguhnya burung-burung itu akan bertengger bersama burung yang serupa dengannya.” Oleh karena itu, orang yang mempunyai kesamaan minat akan berkumpul dan akhirnya membentuk kelompok atau komunitas.



    Jika menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu, masyarakat, paguyuban.

    Sama halnya dengan ODOP, yaitu salah satu komunitas menulis yang ada di Indonesia. Komunitas yang mewadahi penulis untuk berkarya dan berkreasi. www.ngodop.com merupakan sebuah situs yang siap menampung karya penulis baik berupa cerita pendek, puisi, artikel maupun review buku. Yuk, mengenal komunitas ODOP lebih jauh.

    Selayang Pandang Komunitas ODOP

    ODOP adalah sebuah komunitas yang digagas oleh seorang guru blogger, pebisnis online dan pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia, Syaiful Hadi. Beliau kerap dipanggil Bang Syaiha oleh narablog.

    Berawal dari keinginan yang sama untuk menulis setiap hari dan saling menyemangati agar semangat menulis tetap menyala, maka dibentuklah pra One Day One Post (cikal bakal ODOP sekarang) pada tahun 2015.

    ODOP angkatan pertama ini berhasil merekrut sekitar seratus lima puluh orang. Program selanjutnya adalah memberikan bimbingan dan pembekalan tentang kepenulisan dalam sebuah grup Whatsapp.. Sejak saat itu ODOP membuka pendaftaran anggota setiap tahunnya.

    Open Recruitment ODOP Batch 11

    Komunitas menulis yang mempunyai visi mulia ini yaitu menjadi komunitas penulis terbesar (dalam prestasi) di Indonesia pada tahun 2023 ini membuka kesempatan untuk merekrut anggota. Kegiatan yang akrab disebut Open Recruitment atau Oprec ODOP kali ini telah menginjak periode ke 11 untuk perekrutan anggota.

    Kegiatan Oprec ini merupakan salah satu kegiatan dalam serangkaian misi ODOP yaitu menumbuhkan minat baca tulis sebagai sumbangsih kepada dunia literasi tanah air dan mencetak penulis ideal tanpa mengedepankan unsur materi/bisnis dalam proses belajar.

    Oleh karena itu, panitia yang sudah terbentuk sejak Februari 2023 ini telah menyiapkan berbagai kegiatan yang menarik dan materi yang sebisa mungkin aplikatif. Sehingga ketika peserta sudah tergabung menjadi anggota ODOP, ilmu yang didapatkan peserta bisa dipakai. Sayang bukan jika materi yang didapatkan peserta berakhir “lupa”.

    Kegiatan menarik yang akan dilakukan oleh peserta selama kegiatan open recruitment enam minggu ke depan diantaranya :

    Menulis setiap hari

    Kegiatan menulis ini dilakukan setiap hari menggunakan platform blog. Jika tidak sempat menulis setiap hari, maka akan menjadi hutang yang harus dilunasi pada hari selanjutnya. Blog yang digunakan tidak harus yang berbayar, lo.

    Menulis sesuai tema yang telah ditentukan pada satu hari dalam seminggu

    Akan ada tema yang ditentukan pada hari tertentu setiap minggunya oleh panitia. Tema ini wajib dikerjakan dan tidak dapat diganti dengan jenis tulisan lain.

    Mendapatkan ilmu kepenulisan gratis dengan pemateri keren

    Materi diberikan dalam bentuk kuliah Whatsapp. Materi diberikan dalam bentuk diskusi di grup Whatsapp atau menggunakan file presentasi. Di akhir kegiatan akan ada tanya jawab.

    Bedah tulisan

    Kegiatan ini bertujuan untuk saling memberi masukan untuk tulisan peserta dalam satu grup kecil yang sudah dikumpulkan. Tulisan yang dibedah akan ditentukan oleh penanggung jawab (PJ) grup kecil. Peserta dan PJ dapat memberikan masukan terkait tulisan tersebut.

    Satu Jam Lebih Dekat (SJLD)

    Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan peserta program agar saling mengenal satu sama lain. Setiap peserta diberi kesempatan selama satu jam untuk mengenalkan diri dan menjawab pertanyaan dari peserta lainnya.

    Menarik bukan kegiatannya. Dengan mengikuti serangkaian kegiatan Oprec ini banyak manfaat yang akan diperoleh peserta, diantaranya :

    • Konsisten menulis
    • Mengasah skill kepenulisan
    • Mendapatkan teman
    • Mendapatkan ilmu kepenulisan secara gratis
    • Mendapatkan kelas kepenulisan tambahan (jika lulus program oprecc)
    • Menambah jaringan pertemanan


    Demikianlah serangkaian kegiatan dan program Oprec ODOP Batch 11 yang dimulai sejak 8 Mei 2023. Jika Anda sudah terdaftar dalam Oprec batch 11 kali ini, semangat ya. Anda akan mendapatkan banyak manfaat, lo. Namun, jika Anda belum terdaftar, jangan khawatir akan ada serangkaian kegiatan Oprec di tahun berikutnya.. Nantikan programnya yang akan diumumkan melalui media sosial Komunitas ODOP.




    Kontributor : 

    Author

    Nimas Achsani

    Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

    1. Runut sekali penyampaiannya sy suka, jadi lebih mengenal ODOP lagi, dan trnyta panitia nya terbentuk sudah lama..
      Trmksh tmn2 dan pemateri ODOP

      BalasHapus
    2. Semangat teman-teman. Kalian luar biasa.

      BalasHapus
    3. Wah keren komunitas ini, jadi pengen gabung.

      BalasHapus