BLANTERORBITv102

    Teknik dan Tips Membaca Cepat untuk Hindari Hoax

    Jumat, 24 Februari 2023
    Ketika mendapat tugas mengulas sebuah buku terbaru dengan total jumlah halaman mencapai 250 halaman atau lebih tentu memerlukan teknik dan tips membaca cepat. Teknik dan tips membaca cepat akan sangat membantu dalam proses mendapatkan informasi apa yang kamu butuhkan dalam sebuah buku atau teks.

    tips membaca cepat



    Teknik dan tips membaca cepat tidak hanya dapat kamu aplikasikan ketika membaca sebuah buku saja, membaca sebuah teks yang kerap dijadikan soal seleksi masuk perguruan tinggi juga membutuhkan teknik dan tips membaca cepat dengan tujuan mempersingkat waktu serta mendapatkan informasi akurat, sehingga lebih banyak soal yang mampu dijawab. Jika begitu, apa teknik dan tips membaca cepat yang dapat kamu pratikkan? Dibaca dan disimak sampai habis yuk!

    Manfaat Membaca Cepat

    Sebelum kamu beralih ke teknik dan tips membaca cepat, ada baiknya mengetahui apa manfaat membaca cepat yang mungkin jarang kamu sadari.

    Meminimalisir Waktu

    Dengan membaca sebuah buku dengan menggunakan teknik dan tips membaca cepat pasti akan meminimalisir waktu kamu. Jika biasanya membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan bacaan, kamu bisa meminimalisirnya menjadi satu hari atau beberapa jam saja dengan teknik dan tips membaca cepat yang akan dibahas kali ini.

    Mudah Menemukan Informasi Akurat

    Dengan mengetahui teknik membaca cepat, kamu dapat dengan mudah menemukan informasi yang akurat serta kamu butuhkan untuk menyimpulkan intisari buku atau menemukan informasi terkait soal-soal berupa teks.

    Mudah Menemukan Ide Pokok

    Pada dasarnya, menemukan ide pokok dalam sebuah teks bukanlah hal yang sulit untuk kamu yang sudah paham teknik dan tipsnya. Salah satu tipsnya adalah dengan membaca kalimat pertama pada paragraph pertama sebuah teks. Nah, mudah sekali bukan?

    Teknik Membaca Cepat

    Skimming

    Teknik skimming adalah teknik membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang sedang dibahas dalam teks dengan membaca judul bab, sub bab dan beberapa kalimat pada paragraph per tama tiap babnya. Teknik skimming sangat direkomendasikan untuk pelajar sekolah menengah atas dalam menjawab soal-soal seleksi masuk perguruan tinggih nih.

    Scanning

    Teknik scanning adalah teknik membaca dengan cara melompat-lompat untuk menemukan ide pokok sebuah teks. Teknik scanning membantu pembaca untuk menemukan ide pokok lewat kata-kata yang sering muncul pada teks. Teknik scanning sangat cocok digunakan ketika kamu harus menjawab 1 soal dengan wkatu kurang dari satu menit. Teknik scanning tidak disarankan untuk teks narasi yang membutuhkan imajinasi serta emosi pembaca.

    Tips Membaca Cepat

    Pilih Buku

    Pilihlah buku ringan dengan jumlah halaman tidak terlalu banyak. Tips ini dapat dicoba bagi kamu yang baru menggeluti dunia kepenulisan. Mengapa? Menulis dan membaca adalah suatu hal yang saling berkaitan, jika ingin menulis maka terlebih dahulu perbanyak bahan bacaan, pilih bahan bacaan yang ringan hingga kamu tak cepat bosan.

    Carilah Suasana Tenang

    Ketika ingin segera menyelesaikan sebuah bacaan, suasana tenang akan menghadirkan fokus yang baik, betul? Maka tidak heran ya jika pergi mengunjungi perpustakaan atau toko buku, suasana sangat tenang dan nyaman sekali. Ternyata suasana mendukung merupakan bagian tips membaca cepat.

    waktu yang tepat untuk membaca buku

    Pasang Timer

    Tips yang ke-3 adalah dengan memasang timer (waktu) saat hendak membaca. Buatlah jadwal khusus berapa jam dalam satu hari yang akan kamu habiskan untuk membaca buku. Dengan tips seperti ini kamu juga dapat mengasah konsistensi membaca agar lebih banyak buku atau bacaan yang dapat kamu selesaikan dengan cepat.

    Hilangkan Subvokalisasi

    Siapa yang sampai saat ini masih bersuara ketika membaca? Hayo ngaku…

    Membaca dengan bersuara ternyata dapat menghambat kecepatan dalam membaca. Mengapa demikian? Ketika membaca dengan bersuara, kamu akan fokus pada bagaimana cara membaca yang baik dan mengatur irama membaca, padahal cara seperti itu harus dihindari ketika ingin cepat membaca.


    Dari semua teknik dan tips membaca cepat yang telah dipaparkan, adakah yang sudah kamu terapkan? Memang terlihat sulit sekali di awal, apalagi jika kamu memiliki aktivitas lain yang tidak kalah menguras waktu. Namun, sebuah kebiasaan baik memang perlu pembiasan ya. Jadi, yuk terapkan!




    Kontributor : 
    Siti Nurhayati



    Author

    Nimas Achsani

    Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

    1. Makasih tipsnya ya kak.. Kalo lagi diburu waktu emang butuh banget membaca cepat buat nemuin info penting.

      BalasHapus