BLANTERORBITv102

    Tips Menang Lomba dari Nimas dan Yunita, Pemenang Blog Review Competition FORTUNE Indonesia Summit 2022

    Sabtu, 02 Juli 2022

    Dewasa ini, stigma bahwa peran sebagai seorang ibu akan membatasi ruang untuk berkarya perlahan luntur. Semakin terbukanya kesempatan membuat para ibu pun berlomba-lomba untuk meningkatkan skill yang dimilikinya, salah satunya adalah kemampuan menulis. Tidak hanya latihan, bahkan mereka seringkali tampil sebagai juaranya. 

    Nimas dan Yunita Menangkan Lomba Blog FORTUNE

    Di antara mereka adalah Nimas Kezumo Z. dan Yunita Srie Wijaya sebagai juara Blog Review Competition FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang diselenggarakan oleh sebuah komunitas bernama Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN). Nimas dan Yunita, adalah anggota ODOP yang tergabung dalam kelas ODOP Blogger Squad. Keduanya cukup sering memenangkan berbagai perlombaan lain di dunia blogging. 

    Tips menang lomba

    Nimas sudah memenangkan sekitar 10 lomba menulis blog. Baginya, menulis blog adalah hobi yang menyenangkan. Bahkan jika pun harus memotong waktu istirahatnya demi ikut lomba dia tetap merasa senang. Dalam mengikuti lomba, dia tidak begitu mengharap untuk menjadi juaranya. Namun komitmen untuk bersungguh-sungguh dalam membuat konten yang berkualitas adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi. 

    Perasaan yang sama juga dialami oleh Yunnie (sapaan akrabnya). Dirinya mengakui bahwa ketika mengikuti lomba tidak menuntut diri untuk menjadi pemenang. Karena jika kalah akan membuat sangat kecewa. Menurut Yunnie, lomba-lomba blog dijadikan sebagai ajang untuk menambah jam terbang sehingga kualitas tulisannya menjadi lebih baik lagi. Memperbanyak jam terbang akan memperluas khazanah serta wawasan, sementara jika menang itu dianggap sebagai bonus. 

    Tips Menang Lomba Blog

    Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Nimas untuk bisa memenangkan lomba blog. 

    1. Pemanasan 

    Sebelum mengikuti lomba apapun, biasakan membaca informasi tentang lomba terkait berulang kali. Tujuannya adalah untuk mencari benang merah yang diinginkan panitia. 

    2. Riset

    Setelah tahu ide pokok yang diinginkan, segera lakukan riset. bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jurnal luar, jurnal ilmiah dan sejenisnya. 

    3. Membuat outline secara detail

    Outline yg lengkap sangat membantu bagi orang yang mudah lupa dan susah fokus. Jadi, dengan outline, kita bisa menulis dari bagian mana saja, karena punya pagar.

    4. Infografis

    Membuat infografis dengan narasi yang berbeda dengan isi artikel. Karena tujuan infografis ini adalah memberikan informasi dengan visual yang menarik, maka sebaiknya tidak mengulang informasi di badan artikel.

    5. Kenali siapa penyelenggaranya

    Setiap penyelenggara pasti punya tujuan khusus dari event lomba blognya. Apakah itu branding, csr atau yang lain. Mengetahui ini, juga membantu kita menyusun artikel maupun outline. Meskipun penyelenggara bukanlah sesuatu yang dekat dengan kita, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang mereka

    6. Apa manfaatnya untuk kita?

    Salah satu keuntungan ketika kita mau riset dan mengenali siapa penyelenggara., biasanya, mereka ini punya value yang ingin disampaikan. Dengan sentuhan personal touch akan diberi nilai lebih oleh juri. 

    7. Sediakan waktu

    Dalam membuat komitmen waktu, maka perlu dilihat peran yang sedang diterapkan apa saja untuk mengukur kemampuan diri. Setelah menentukan waktu, perjanjian tersebut dikerjakan dan dipatuhi dengan baik.

    8. Komitmen

    Ketika sudah daftar lomba maupun berkomitmen ikut, maka tetap berusaha membuat konten yang berkualitas.

    Demikian tips-tips dasar untuk bisa memenangkan lomba blog ala Nimas. Sementara Yunniew juga memberikan tips bagaimana menulis konten blog yang menarik, yaitu dengan teknik story telling atau kita sering menyebutnya teknik show don't tell. Setiap mengikuti lomba itu kita harus punya personal touch dari setiap tema yang diminta. Setelah itu kemas dalam bahasa yang memikat hati juri.

    Jika tips dari Nimas diibaratkan kue dan komposisinya, maka tips dari Yunniew sebagai toppingnya. Cita rasa kue memang penting, tapi tidak kalah penting topping kue itu untuk menarik minat para juri. 

    Reporter : Arinal Haq