BLANTERORBITv102

    Lintang Gumilang, Pemenang Fun Writing JNEWS Online Special HUT JNE

    Senin, 21 Februari 2022

    Tepatnya pada Selasa (25/1) lalu, JNEWS Online melalui Instagram resminya di @JNEWSOnline mengumumkan pemenang dari Fun Writing JNEWS Online Special HUT JNE. Diadakan mulai dari 12 November hingga 31 Desember 2021, lomba ini dijuri langsung oleh Kang Maman Suherman, seorang penulis ternama di Indonesia.

    Dengan tema Maju Indonesia: Bahagia Bersama dengan Literasi, lomba ini mengambil 16 pemenang. Masing-masing 16 pemenang tersebut mendapatkan hadiah sebesar Rp1 juta serta buku karya Kang Maman dengan judul Bahagia Bersama dan Aku Menulis Maka Aku Ada.

    Selain itu, untuk mengikuti lomba tersebut, harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah diberikan oleh JNEWS Online seperti follow akun media sosial JNEWS Online: Instagram @JNEWSOnline, Facebook @JNEWSOnlineID, atau Twitter @JNEWS_Online.

    Kemudian, menulis sesuai tema, mendaftarkan tulisan yang telah ditulis di blog melalui GForm yang sudah disediakan, tulisan yang dibuat sekitar 300 kata, melakukan penyebutan JNE dalam naskah minimal 1 kali.

    Lalu, hasil tulisan tidak mengandung SARA, pornografi, serta hal-hal yang melanggar norma, tulisan merupakan karya sendiri dan tidak plagiat, dan tulisan tidak diikutsertakan dalam lomba mana pun. Tulisan 16 pemenang yang dipilih dinilai berdasarkan kesesuaian tema, gaya penulisan yang unik, dan kedalaman cerita.

    Anggota ODOP Jadi Pemenang Fun Writing JNEWS Online Special HUT JNE

    pemenang fun writing jnews online
    Lintang Gumilang, Anggota ODOP 8

    Salah satu dari 16 pemenang tersebut merupakan anggota One Day One Post (ODOP) Batch 8, Lintang Gumilang. Saat diwawancarai, Lintang mengaku bersyukur telah memenangkan lomba tersebut. “Alhamdullillah, bersyukur banget. Enggak nyangka bisa menang. Apalagi, jurinya Kang Maman, sempat pesimis juga,” ujarnya.

    Lintang juga menjelaskan proses kreatifnya dalam membuat tulisan tersebut. “Temanya ‘kan Maju Indonesia: Bahagia Bersama dengan Literasi. Jadi, harus cari sesuatu yang berhubungan dengan literasi, tapi enggak biasa.”

    “Saya pernah menulis pentingnya literasi pada ibu rumah tangga dan perempuan. Terus bingung mau bikin apa lagi? Akhirnya, tercetus ide, maraknya kekerasan pada perempuan dalam ruang digital. Hal ini terjadi karena masih kurangnya pemahaman akan literasi digital,” lanjutnya.

    Ternyata, Lintang memang sering mengikuti lomba lainnya di JNEWS Online. Saat ditanya mengenai hal tersebut, Lintang menjawab dengan lugas, “Saya ikut lomba kalau pas ada tema yang saya punya pengalaman atau ide yang bisa dikembangkan untuk dituliskan. Nah, kebetulan, lomba JNE temanya pas sama bank ide yang sudah ada.”

    Lintang juga turut membagikan tulisan kemenangannya yang bisa dibaca melalui blog pribadinya secara gratis, yaitu https://irisansenja.com/literasi-digital-mencegah-kekerasan/.

    Ke depannya, Lintang akan terus ikut lomba di JNEWS atau di mana pun yang sedang mengadakan lomba. Namun, dirinya dengan tegas tidak mengambil semua lomba yang ada karena Lintang tetap membutuhkan jeda untuk mengistirahatkan diri sebelum kembali berkompetisi.

    Reporter : Dyah Yukita


    1. MasyaAllah best banget, reporternya juga keren nih.^^

      BalasHapus
    2. keren kak, sangat menginspirasi.. sukses terus buat kknya

      BalasHapus