BLANTERORBITv102

    Bangun Kesadaran Berasuransi, Jihan Raih Juara 2 Lifepal Blog Competition

    Senin, 21 Februari 2022

    Ngodop - Lomba blog menjadi incaran para penulis, baik yang masih pemula atau pun sudah mastah. Selain hadiahnya yang menggiurkan, ternyata banyak manfaat bagi para peserta maupun lembaga penyelenggara sendiri. Bagi peserta, lomba blog menjadi sarana untuk mengasah kemampuan menulis dengan bersaing secara supportif bersama penulis-penulis lain. Sedangkan bagi penyelenggara, dapat menjadi sarana untuk mengenalkan branding lembaga atau produknya.

    Jihan Raih Juara 2 Lifepal Blog Competition

    pemenang lifepal blog competition
    Jihan Mawaddah, Ketua ODOP 2022

    Jihan Mawaddah penulis sekaligus blogger yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komunitas One Day One Post (ODOP) meraih juara 2 dalam Lifepal Blog Competition yang diikuti oleh 150-an penulis.

    "Waktu itu targetnya juara satu, tapi meleset satu tangga. Alhamdulillah, tetap disyukuri," tutur Jihan.

    Lomba tersebut diadakan oleh Lifepal. Sebuah platform all-in one (marketplace asuransi) untuk membandingkan polis dan beli asuransi online. Sesuai dengan latar belakang penyelenggara, lomba ini mengusung tema, "Pentingnya Melek Asuransi #asuransi-lifepal". Lifepal Blog Competition diselenggarakan pada 1 November - 31 November 2021 dan penentuan pemenangnya pada Januari 2022.

    Dalam tulisan tersebut, Jihan menuangkan gagasan tentang pentingnya memiliki asuransi. Jihan ingin mengajak pembaca untuk melihat asuransi dari sisi lain. Karena banyak stigma negatif, bahkan dari keluarga sendiri yang beranggapan bahwa asuransi bukan pilihan yang bijak.

    "Daripada asuransi mending kamu investasi yang jelas aja." Demikian ungkapan sang ibu di awal kisahnya.

    Bahkan untuk menguatkan argumennya, Jihan mendaftar sebagai nasabah di Lifepal. Sebelum itu, Jihan juga mengikuti webinar soal asuransi dan prioritas keuangan dari financial planner bersertifikat. Dari sinilah kemudian dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang berjudul, "Analogi Satpam Kompleks, Perspektif Lain Untuk Asuransi Lifepal".

    Dana asuransi dianalogikan sebagai satpam kompleks. Di mana tugas seorang satpam adalah menjaga keamanan dengan bayaran tertentu. Namun, bagaimana jika bertahun-tahun setelahnya ternyata keadaan masih tetap aman, apakah bayaran tersebut akan diminta kembali? Tentu tidak.

    Begitu juga dengan asuransi. Seorang pengguna seperti membeli jaminan keamanan kepada petugas asuransi. Artinya apa yang sudah dibeli, tidak dapat dikembalikan lagi. Yang dibeli di sini adalah risiko keuangan yang dikhawatirkan terjadi. Risiko keuangan bisa bermacam-macam, seperti ketika ada anggota keluarga yang sakit maka biaya pengobatannya tidak perlu mengganggu biaya pendidikan anak-anaknya. Lalu jika tidak ada masalah, kemanakah uang asuransi tersebut? Digunakan untuk keluarga lain yang juga sedang membutuhkan. Jadi asuransi ini sifatnya bergotong-royong.

    Jihan mengakui topik yang diangkat dalam lomba ini memang sedang dibutuhkan. Menurutnya, penting untuk punya asuransi jiwa di usia yang semakin menua. Itulah kenapa pada akhirnya dia juga memilih menjadi nasabah di Lifepal. Pengalaman menjadi nasabah di sana juga diceritakan dalam artikel.

    Dalam lomba tersebut, ternyata Jihan tidak hanya mengirim satu tulisan. Dia mengirim satu tulisan lagi menggunakan domain berbeda. Domain pertama, jeyjingga.com dengan isi tulisan dari sudut pandang orang awam yang membutuhkan info soal asuransi. Sementara, tulisan dalam domain kedua jendelacaca.my.id ditulis berdasarkan sudut pandang kegelisahan orang tua atas biaya pendidikan anak yang semakin mahal, oleh karena itu dibutuhkan asuransi.

    "Tapi yang dapat juara hanya satu, yang jeyjingga.com. Karena itu lebih effort dan lebih unik sih menurutku," ungkap Jihan.

    Berangkat dari pengalaman dan juga pengetahuannya tentang membangun keuangan yang sehat, Jihan meraih hadiah berupa laptop HP 14s-cf2500TX seharga Rp. 10.499.000.

    Reporter : Arinal Haq


    1. MasyaAllah best. best. best banget. Ikut beragam lomba, jadi punya banyak pengetahuan karena diwajibkan rajin riset.^^
      Ngomongin asuransi jadi keinget, saya udah punya belum ya?

      BalasHapus