BLANTERORBITv102

    Tips Lancar Berbahasa Kore

    Minggu, 11 Juni 2023
    Annyeong, Yeorobun! Sudah sejauh mana, nih, kamu mempraktikkan tips lancar berbahasa Korea? Atau malah baru memulai? Tidak masalah. Sebab, dalam banyak hal, termasuk lancar berbahasa Korea, tidak ada istilah terlambat. Iya, kan?

    Dalam hal populernya penggunaan bahasa Korea secara global, kita tentu sudah tahu bahwa hallyu atau Korean wave punya pengaruh kuat. Selain mempopulerkan sejarah, budaya, bahkan kuliner, tren drama Korea maupun K-Pop membuat tidak sedikit orang tertarik untuk mempelajari bahasa dari salah satu negara kawasan benua Asia tersebut.

    tips lancar berbahasa korea

    Sejauh ini, kita bisa dengan mudah menjumpai orang non-Korea yang mengunakan bahasa Korea dalam berbagai kesempatan. Baik itu yang sudah fasih, maupun yang baru sebatas menggunakan satu-dua kata atau kalimat pendek.

    Nah, untuk kamu yang baru mulai cari tahu apa saja yang bisa membantumu lancar berbahasa Korea, kamu sudah membaca artikel yang tepat. Sebab, artikel ini akan memberimu tips yang bisa kamu praktikkan agar bisa lebih cas-cis-cus saat berbahasa Korea.

    Penasaran? Yuk, baca tulisan ini sampai selesai!

    5 Tips Lancar Berbahasa Korea

    1. Mempelajari Hangeul

    Hal pertama yang menjadi tips lancar berbahasa Korea adalah mempelajari Hangeul. Secara sederhana, Hangeul dapat diartikan sebagai sebuah metode atau sistem alfabet yang digunakan dalam format tulisan bahasa Korea. Mempelajari Hangeul akan memudahkanmu dalam mengerti kosakata bahasa Korea.

    Alfabet yang dibuat oleh Raja Sejong yang Agung (raja keempat Dinasti Joseon) ini, terdiri dari 24 huruf dasar, yaitu 14 konsonan dan 10 vokal.

    2. Mempelajari Cara Mengembangkan Kosakata Bahasa Korea

    Setelah mempelajari Hangeul, tips lancar berbahasa Korea berikutnya adalah mempelajari cara mengembangkan kosakata bahasa Korea yang ada.

    Sebagai sebuah permulaan, kamu bisa memulai dengan mempelajari kosakata angka. Setelah itu, bisa berlanjut ke nama hari dan kosakata sederhana lainnya.

    Sedikit informasi tambahan, untuk kosakata angka berbahasa Korea, terbagi atas dua bentuk. Pertama ada Korea (asli) yang kedua Sino-Korea.Dalam penggunaannya, kosakata angka Korea asli biasanya digunakan untuk menghitung angka dari suatu benda dan juga usia, sementara Sino-Korea biasanya digunakan untuk penyebutan dan penulisan tanggal, alamat, uang, dan angka di atas 100.

    3. Mempelajari Konglish

    Dalam kosakata Bahasa Korea, ada cukup banyak kata pinjaman yang bunyi dan artinya sama dengan bahasa Inggris. Hal tersebut dikenal juga dengan sebutan Konglish, yaitu kata dari bahasa Inggris yang cara penyebutannya menggunakan gaya bahasa Korea.

    Adapun salah satu contoh Konglish yang sudah dikenal secara umum adalah hwaiting (semangatlah atau berjuanglah) yang “meminjam” kata fighting dalam bahasa Inggris.

    4. Drakor dan K-Pop, Jadi Tips Lancar Berbahasa Korea

    Ya, kamu tidak salah baca, kok. Nonton drakor dan dengerin K-Pop juga menjadi salah satu tips lancar berbahasa Korea. Menonton drama Korea, bisa mengakrabkanmu dengan bahasa Korea yang digunakan dalam kehidupan sehari-sehari, sementara dari lirik lagu K-Pop, kamu bisa belajar mengartikan kosakata.

    5. Gunakan Buku, Situs Pembelajaran, atau Aplikasi Penerjemah

    Sudah jadi rahasia umum bahwa buku adalah gudangnya ilmu. Belajar bahasa Korea dari buku yang memaparkan tips lancar berbahasa Korea pun, adalah satu langkah yang sepatutnya dilakukan.

    Saat ini, buku yang akan membantumu dalam mempelajari bahasa Korea, bisa dengan mudah didapatkan. Jika buku fisiknya masih sulit dijangkau, kamu bisa membaca versi digitalnya secara gratis di aplikasi perpustakaan digital seperti iPusnas.

    Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan situs pembelajaran ataupun aplikasi penerjemah. Ketika mendengar ataupun melihat kata dalam bahasa Korea (atau sebaliknya), kamu bisa memanfaatkan gadgetmu untuk membuka situs pembelajaran ataupun aplikasi penerjemah—yang bisa diakses secara gratis—demi menuntaskan rasa keingintahuanmu.

    Penutup

    Demikianlah 5 tips lancar berbahasa Korea yang bisa kamu praktikkan. Saat belajar bahasa Korea, sebaiknya kamu cari tahu bagaimana cara terbaik pembelajaran versi kamu. Sebab, hal ini dapat memudahkan kamu dalam menyerap materi yang akan kamu praktikkan nantinya.

    Semoga setelah merasa lumayan fasih, kamu bisa punya rezeki lebih untuk berkunjung langsung ke Korea, ya. Agar kamu bisa terbiasa mengimplementasikan bahasa Korea yang sudah kamu pelajari dengan penutur aslinya.

    Semangat belajar!




    Kontributor :

    Utamy Ningsih


    Author

    Nimas Achsani

    Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

    1. Tambah satu lagi boleh ya...KONSISTEN. Tidak ada keberhasilan yang bisa didapat kalau kita tidak konsisten dalam berlatih dan belajar. Apalagi dalam hal belajar bahasa dimana praktek sangat memegang peranan penting.

      Sekedar mengetahu teori tidak akan membuat kita menjadi mahir dalam berbahasa. Mau bahasa Korea, Inggris, Jepang, semua akan memerlukan konsistensi untuk bisa menguasainya dengan baik.

      Iya nggak sih Mbak?

      BalasHapus