BLANTERORBITv102

    Pilihan Menu Khas Lebaran

    Minggu, 11 Juni 2023
    Lebaran adalah momen yang paling dinanti kedatangannya oleh umat muslim sedunia, khususnya Indonesia. Ada beberapa tradisi khas yang dilakukan umat muslim Indonesia menjelang lebaran tiba, seperti tradisi mudik dan tradisi menghidangkan aneka menu khas lebaran. 

    Menu khas lebaran inilah yang akan membuat momen berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang sangat membahagiakan sekaligus mengenyangkan. Terlebih setelah berpuasa selama sebulan penuh.



    Indonesia merupakan surga kuliner, dimana setiap daerahnya memiliki hidangan khas lebaran masing-masing, yang akan selalu membuat rindu mereka yang tinggal di rantau. Lantas, apa saja hidangan khas yang biasanya selalu ada pada tiap momen lebaran? Simak sampai habis, ya.


    7 Menu Khas Lebaran yang Selalu Dirindukan

    1. Ketupat

    Siapa yang tak kenal ketupat? Hidangan pengganti nasi ini biasanya selalu hadir saat momen lebaran. Ketupat berbahan dasar beras dengan pembungkusnya terbuat dari anyaman daun kelapa muda yang biasa disebut dengan janur.


    Ketupat merupakan simbol perayaan lebaran sejak diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada jaman Kerajaan Demak, sekitar abad 15 Masehi. Memiliki filosofi yang dalam, bahwasanya mereka yang menyantap ketupat saat lebaran merupakan orang yang sudah mampu menahan hawa nafsunya. Dan akhirnya menyantap ketupat saat momen lebaranpun menjadi tradisi masyarakat Indonesia hingga sekarang.

    2. Opor Ayam

    Hidangan dengan cita rasa gurih karena ayam dan santan berpadu dengan bumbu-bumbu khas Indonesia ini merupakan pendamping terbaik untuk ketupat. Maka tak heran jika selain ketupat, opor ayam juga merupakan hidangan yang selalu dirindukan saat lebaran.

    Dan ternyata perpaduan dari ketupat dan opor ayam ini juga miliki makna saling memaafkan atas segala kesalahan. Karena biasanya hidangan ini disantap saat momen silaturahmi keluarga usai bersama-sama melakukan Salat Idul Fitri. Pada saat berkumpul bersama inilah seluruh anggota keluarga saling bermaaf-maafan.

    3. Rendang

    Berbahan dasar daging sapi dengan cita rasa pedas dan gurih, makanan khas dari Sumatera Barat ini juga merupakan salah satu hidangan pendamping yang tepat untuk ketupat. Memasak rendang sungguh tak mudah, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menghasilkan rendang daging yang empuk dengan bumbu-bumbu yang meresap dan menyatu ke dalam dagingnya.

    Walau rendang bisa kamu jumpai setiap hari di warung makan Padang, namun tak lengkap rasanya jika lebaran tak menghadirkan hidangan yang satu ini. Konon katanya, dalam tradisi Minang, rendang merupakan simbol keutuhan dan persatuan. Itulah mengapa rendang menjadi hidangan yang harus ada pada tiap perayaan orang Minang, termasuk saat momen lebaran.

    4. Sambal Goreng Kentang Ati

    Walau kehadirannya hanya sebagai pelengkap saja, namun sambal goreng kentang ati juga merupakan hidangan yang dirindukan pada momen lebaran. Biasanya sambal goreng kentang ati ini juga berpadu dengan petai yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap.

    5. Semur Daging

    Makanan khas masyarakat Betawi ini juga selalu menjadi hidangan khas yang disajikan saat momen lebaran tiba. Berbeda dengan rendang dan sambal goreng kentang ati yang rasanya pedas, maka semur daging ini cenderung tidak pedas. Sehingga cocok untuk disantap oleh anak-anak maupun orang dewasa yang kurang bersahabat dengan rasa pedas.

    Sama seperti rendang, memasak semur daging juga butuh waktu lama agar daging menjadi empuk dan mudah dikonsumsi. Aroma semur ini sangat khas dan harum sekali, karena menggunakan banyak rempah-rempah saat memasaknya. Seperti lada, kemiri, pala, cengkih dan jinten putih. Terbayang betapa lezatnya, bukan?

    6. Gulai kambing

    Beberapa masyarakat Indonesia, terutama mereka yang miliki darah keturunan Arab, biasanya menghadirkan gulai kambing sebagai hidangan khas saat momen lebaran. Fungsinya sama seperti opor yang menjadi pendamping ketupat, demikian juga dengan gulai kambing.

    Berbahan dasar kambing, dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia, menjadikan gulai kambing miliki aroma yang khas sebagai hidangan yang sangat nikmat untuk disantap bersama anggota keluarga. 

    Gulai kambing ini biasanya didampingi oleh sambal kecap berbahan dasar cabai rawit, bawang merah dan tomat, yang diberi kecap. Sungguh nikmat sekali.

    7. Kue Nastar

    Berbahan dasar tepung terigu dan selai nanas, kue mungil yang sekarang memiliki bentuk beragam ini, merupakan hidangan yang selalu dicari saat momen lebaran. Bisa dibilang, kue nastar adalah kue kering favorit dan selalu menjadi andalan. Hampir tiap rumah, menyediakan kue mungil ini dalam toples. Rasanya seperti belum berlebaran bila belum makan kue nastar.

    Tapi apakah kamu tahu dari mana asal kue nastar nan lembut saat dikunyah ini? Ternyata dari Belanda, lho. Dalam bahasa Belanda biasa disebut ananas dan tart, yang berarti tar nanas, akhirnya penamaannya digabungkan menjadi nastar. Kue nastar menjadi favorit masyarakat Indonesia, selain karena rasanya yang lezat, bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, juga pembuatannya yang mudah.


    Itu dia tujuh pilihan menu khas lebaran. Bagaimana dengan hidangan khas di daerahmu? Apakah ada menu tambahan lainnya? Namun, apapun hidangannya, yang terpenting adalah silaturahminya. 

    Karena momen lebaran adalah momen yang paling tepat bagi seluruh keluarga dan tetangga untuk saling bermaaf-maafan guna mempererat tali silaturahmi agar tetap terjaga dengan baik sepanjang hidup.



    Kontributor :

    Author

    Nimas Achsani

    Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

    1. Yang males bikin tinggal beli deh, orang juga banyak sekarang yang jualan. Biasanye pade pakek Booth Portable buat ganti grobak... biar simpel kali yee.

      BalasHapus