BLANTERORBITv102

    Menang Lagi, Sang Juara Ceritakan Proses Kreatif Menulis Untuk Lomba Blog

    Jumat, 23 September 2022

    Blog Competition alias lomba ­blog sangat marak dan sering sekali diadakan setiap tahunnya. Ini seperti jamur di musim hujan yang sangat menguntungkan bagi para bloger. Mereka bisa menyalurkan kemampuan menulisnya melalui lomba-lomba ini.

    Selain bermanfaat untuk mengasah keterampilan menulis, hadiah kejuaraannya juga tidak main-main lho. Mulai dari yang berupa souvenir, uang tunai, bahkan bisa berhadiah smartphone, laptop dan barang mewah lainnya. Namun tentu saja menulis untuk lomba blog berbeda dengan menulis untuk platform maupun media sosial lainnya.

    Nah, kali kita akan berbagi kisah inspirastif dari dua sahabat ODOPers yang beberapa waktu lalu memenangkan lomba blog Kreasi Kraft Quick Melt. Siapakah mereka? Yuk simak kisahnya.

    Proses Kreatif Menulis Untuk Lomba Blog dari Sang Juara

    Namanya Kak Nita Yuniarti angkatan ke-10 di ODOP. Tidak tanggung-tanggung, dia meraih juara 1 di perlombaan ini. Kak Nita sempat tidak percaya apakah benar itu namanya atau nama orang lain yang kebetulan sama. Ternyata benar itu adalah namanya. 

    Sujud syukur dan tangis keharuan pun menjadi satu. Di saat semangatnya mulai menurun, Allah menampakkan hasil dari kerja kerasnya selama ini. Dia getol mengikuti beberapa kelas dan pelatihan menulis. Pengakuan Kak Nita, dirinya masih baru di dunia blogging sekitar setahun terakhir ini, tepatnya bulan November 2021.

    proses kreatif menulis untuk lomba blog
    source: instagram.com/ibuibudoyannulis

    Kak Nita hanya membutuhkan waktu 2 hari lho untuk mengikuti lomba ini. Sehari digunakan untuk praktik masakannya dan membuat video, hari kedua untuk menulis artikel. Dan menariknya, inspirasi lomba ini didapatkan dari anak-anaknya yang suka sekali dengan aneka panganan berbahan keju. Dari pada jajan di luar dan untuk meminimalisir pengeluaran akhirnya Kak Nita mencoba mengkreasikan sendiri di rumah. Anak-anaknya pun diajak ikut serta dalam kegiatan masak-memasak.

    Inspirasi lomba seperti ini bisa teman-teman adopsi jika ingin mengikuti lomba atau mengisi konten di blog. Karena tantangan yang lumrah dihadapi oleh para bloger ketika akan menulis dengan tema tertentu, bingung memunculkan inspirasinya dari mana. 

    Tips lain dari Kak Nita, dalam menulis artikel di blog harus sesuai dengan kaidah SEO agar mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Maka dari itu, perlu melakukan riset keyword untuk mencari tahu kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh pengguna internet.

    Tidak hanya Kak Nita sahabat ODOPers yang menjadi juara dalam perlombaan ini. Ada juga Kak Lintang Gumilang yang meraih juara ke-3. Kak Lintang sudah cukup lama mengenal dunia blog yaitu sejak Sekolah Menengah Atas. 

    Kebiasaan ini berawal dari kesukaannya membaca dan menulis sejak kecil. Dia juga pernah mencoba beberapa platform untuk menulis, mulai dari Multiply, Tumblr, seiring berjalannya waktu kemudian bertemu dengan platform Wordpress yang digelutinya sampai saat ini.

    Teman-teman pasti penasaran juga kan bagaimana proses kreatif Kak Lintang dalam mengikuti lomba ini?

    Tidak jauh berbeda dari Kak Nita, inspirasi menulisnya juga didapat dari kesukaan anak-anaknya terhadap camilan. Maka, untuk menyalurkan keinginan mereka, dibuatlah aneka camilan yang berbahan keju. 

    Mereka masak bersama-sama sekaligus memberikan edukasi kepada anak-anak laki-laki tentang keterampilan dasar life skill. Waktu pengerjaan artikel juga diselesaikan dalam waktu dua hari. Hari pertama praktik dan hari kedua menulis artikelnya.

    Keberhasilan Kak Lintang tentu bukan proses yang instan. Sudah tidak terhitung lomba yang pernah diikuti sampai dia menjuarai beberapa lomba. Perlombaan ini adalah kemenangannya yang ke-13. Namun, bagi Kak Lintang tidak ada kata puas meski telah meraih kemenangan karena sejatinya kemenangan bukanlah tujuan akhir. Bagi Kak Lintang menulis blog sudah menjadi kebutuhan karena dapat menjadi sarana self healing dan stress realese.

    Kepada teman-teman ODOPers, Kak Lintang berbagi tips agar tetap semangat dalam menulis. Hal yang mungkin sering kita dengar adalah tentang big why atau alasan mengapa kita perlu nge-blog. Pertanyaan ini akan membantu kita untuk tetap terjaga konsistensinya karena tidak dipungkiri sering kali kita menemukan rasa jenuh ketika melakukan suatu aktivitas. 

    Setelah itu, kita perlu melatih konsistensi dengan menulis apa saja setiap hari minimal 10 menit. Bisa juga dibantu dengan blog plan yaitu jadwal untuk menulis. Konsistensi tidak dibangun dalam sehari, maka kita perlu mengasah kemampuan menulis dengan memperbanyak jam terbang. 

    Tips lain dari Kak Lintang adalah menemukan komunitas yang dapat memacu semangat kita untuk menulis. Menulis bersama teman-teman di komunitas akan memacu kita untuk cepat berkembang. Bagaimana dengan ODOP-ers? Yuk bagikan proses kreatif menulis untuk lomba blog dari teman-teman juga di kolom komentar!

    Reporter : Arinal Haq

















    1. Boleh minta Link artikelnya dong min, biar bisa dipelajari dan dijadiin acuan

      BalasHapus