BLANTERORBITv102

    Open Recruitment ODOP 2022 DITUTUP

    Rabu, 01 Juni 2022
    open recruitment odop 2022

    Anda ingin bergabung menjadi anggota One Day One Post (ODOP) 10? 

    Anda bisa gabung menjadi anggota ODOP dengan mengikuti Open Recruitment ODOP (Oprec)2022. Telah dibuka sejak 16 Mei hingga 27 Mei 2022, pendaftaran Open Recruitment ODOP 2022 pun telah ditutup pada Sabtu, 28 Mei 2022.

    One Day One Post (ODOP) adalah sebuah komunitas yang mengusung satu hari satu kirim tulisan. ODOP pertama kali diprakarsai oleh Bang Syaiha atau memiliki nama asli Syaiful Hadi, yaitu seorang guru, bloger, pebisnis online, dan pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia, sekaligus peraih juara kedua lomba menulis novel tingkat nasional.

    Untuk menjadi anggota ODOP, Anda harus melewati dan dinyatakan lulus dari masa Oprec. Masa Oprec menjadi uji coba para peserta untuk melatih dan mengembangkan diri dalam menulis.

    Biasanya, ODOP setiap tahun menggelar Oprec ODOP. Namun, sebelum membahas Oprec ODOP lebih lanjut, sudahkah Anda tahu apa itu Oprec 2022?

    Oprec atau Open Recruitment merupakan kegiatan ODOP dalam merekrut anggota baru yang siap berkiprah dan mengepakkan sayap sebagai penulis melalui Komunitas ODOP.

    Keistimewaan kegiatan Oprec ini tidak semata-mata adu kebolehan antarcalon anggota, tetapi juga ada proses transfer ilmu melalui kuliah di grup WhatsApp yang terstruktur selama kurang lebih 2 bulan asal calon anggota tidak tereliminasi.

    Kegiatan ini tidak dikenai biaya pendaftaran apapun. Hanya butuh niat dan semangat para calon anggota.

    Alur Kegiatan Open Recruitment ODOP 2022

    Tahun ini, ODOP pun kembali menggelar Oprec ODOP 2022. Untuk alur kegiatannya, berikut ini penjabarannya.

    1. 16 Mei – 27 Mei 2022 Pendaftaran.

    2. 26 Mei 2022 Materi Awal Perjalanan Menulis, live di IG ODOP pukul 20.00 WIB dengan narasumber Heru Sang Amurwabumi sebagai Emerging Writer Ubud Writers & Readers Festival 2019 dan dipandu oleh M. Syaifuddin sebagai Ketua Oprec ODOP 2022.

    3. 29 Mei – 31 Juli 2022 Masa Oprec.

    4. 3 Agustus 2022 Pengumumam Kelulusan.

    Ada pun cara pendaftaran Oprec ODOP 2022 yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

    1. Repost flyer Oprec ODOP di feed IG/FB.

    2. Mention 3 temanmu.

    3. Buat tulisan di blog, minimal 300 kata dengan tema Bangga Sejarah & Budaya Nusantara.

    4. Cek plagiarisme tulisanmu di situs www.duplichecker.com

    (maksimal plagiasi 20%).

    5. Masukkan data yang diminta di https://tinyurl.com/oprecbatch10 atau dengan cara klik tautan di bio akun Instagram ODOP.

    6. Siap mengikuti peraturan yang ditentukan.

    Tak lupa ODOP pun memberikan narahubung yang bisa dihubungi, di antaranya M. Syaifuddin dan Novia Andriyani.

    Salah satu syarat dan ketentuan pendaftaran adalah tema. Tahun ini, tema yang diangkat, yaitu Bangga Sejarah & Budaya Nusantara. Menurut M. Syaifuddin sebagai Ketua Oprec ODOP 2022, tema tersebut diambil karena untuk menggugah kembali semangat muda/i Nusantara. bahwa negeri ini kaya dengan sejarah dan budaya. Dengan begitu, kita tidak lupa dengan masa kejayaan Nusantara.

    Selain itu, syarat dan ketentuan pendaftaran yang agak berbeda dari tahun sebelumnya adalah adanya pengecekan plagiasi. Hal ini bertujuan agar para peserta sekaligus para penulis mengetahui tingkat plagiasi tulisannya. Dengan begitu, mereka bisa semakin mempelajari diksi sehingga tulisannya unik dan bebas dari plagiasi.

    Belum lama ini, pendaftaran Oprec ODOP 2022 ditutup. Ada pun jumlah pendaftar, yaitu 30 peserta. Untuk lulus atau tidaknya para peserta dari syarat dan ketentuan yang telah ditentukan selama mendaftar, diinfokan pada 29 Mei 2022.

    Hal tersebut karena panitia membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan validasi peserta dari syarat dan ketentuan yang ditentukan selama mendaftar.


    Reporter : Dyah Yukita