BLANTERORBITv102

    Rika Bagikan Tips Menang dalam Lomba Menulis Artikel

    Sabtu, 28 Mei 2022

    Komunitas One Day One Post menjadi lingkungan yang tepat bagi para pencinta literasi. Bedanya dengan komunitas lain, ODOP menyediakan kelas dengan pembagian fokus bagi para anggota. Salah satunya ada OBS atau ODOP Bloger Squad. 

    Bak jamur yang tumbuh di musim hujan, kabar kemenangan dari anggota ODOP datang silih berganti. Tidak lama ini, salah satu anggota ODOP angkatan 3 bernama Rika Widiastuti Altair yang akrab disapa Rika Altair memenangkan Lomba Blog Komunitas ISB X Investasiku.

    tips menang dalam lomba menulis artikel

    Tips Menang Lomba Menulis Artikel dari Rika

    Motivasi Rika dalam mengikuti perlombaan ini karena ingin menambah ilmu seputar investasi. Dirinya bersyukur karena dari perlombaan tersebut mendapatkan pengetahuan baru terkait target investasi yang ingin dijalankan. 

    Dalam artikelnya Rika membahas dunia investasi seperti reksadana, obligasi, dan saham. Para pembaca juga digiring pada pemahaman bahwa investasi sebaiknya jangan dimulai dari saham jika tidak paham betul ilmunya. Bagi pemula, reksadana lebih dianjurkan sambil lalu mempelajari tentang saham.

    Serunya mengikuti perlombaan, menurut Rika disamping mengasah produktivitas dalam menulis juga dapat menantang diri untuk membuat tulisan sesuai tema yang diminta. Termasuk lomba yang berhadiah laptop ini pun menjadi wadah baginya untuk melatih diri. Apalagi topik tentang investasi juga sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat luas. Investasi ditujukan agar bisa nyaman secara finansial di masa yang akan datang.

    Artikel investasi tersebut bukan kejuaraan yang pertama kali diraihnya. Beberapa perlombaan lain juga diikuti olehnya dan bisa keluar sebagai sang juara. Prestasi tersebut adalah juara 1 Lomba Blog Milad Tapis Blogger 2017 dan 2018, juara Lomba Blog Golongan Hutan 2021, dan juga sebagai penulis terbaik Dekatsini.com.

    Teman-teman pasti pesanaran dengan strategi Rika dalam memenangkan berbagai perlombaan. Meskipun baginya saat ini dia juga masih banyak belajar dari teman-teman bloger lain. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita contoh dari keberhasilan Rika, berikut bocorannya :

    1. Menjaga niat dalam menulis. Niatkanlah untuk berbagi kebaikan, karena niat akan menjaga kita agar lebih konsisten.

    2. Saat proses menulis hendaknya bersungguh-sungguh baik dalam proses penulisan artikel maupun dalam mengumpulkan sumber data, infografis, foto, atau video pendukung.

    3. Mematuhi semua syarat dan ketentuan lomba yang diminta oleh penyelenggara. Untuk memudahkan, bisa membuat outline agar pembahasan tidak kemana-mana.

    4. Perkaya tulisan dengan referensi valid, kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena tulisan tersebut akan dibaca oleh orang lain atau bahkan menjadi rujukan pembaca.

    5. Belajar dari bloger senior yang kualitas tulisannya sudah mumpuni, tentang bagaimana gaya penulisan dan penyajiannya.

    6. Memberikan tambahan pengalaman pribadi yang relevan dengan tema. Tulis dengan gaya storytelling yang baik. Biasanya penulisan seperti itu lebih menarik bagi pembaca.

    7. Memberikan target timeline untuk diri sendiri kapan harus publish tulisan untuk ikut lomba. Misalnya, h-2 deadline.

    8. Mencari tahu siapa jurinya agar bisa menyajikan tulisan sesuai selera kurator.

    9. Yang tidak boleh dikesampingkan adalah memperhatikan penggunaan EYD dalam artikel.

    10. Berdoa dan menyerahkan hasilnya kepada Allah.

    Ada pesan dari Rika kepada teman-teman ODOPers untuk tetap semangat dalam menulis. Jangan sampai bosan untuk menggali terus ilmunya dan tetap konsisten berkarya meskipun kalah viral dengan tulisan yang bertone negatif. Dan yakinlah suatu saat tulisan teman-teman akan jauh lebih bermanfaat dan berkah. Bisa itu bukan melulu tentang bakat, tapi bisa situ karena kita terbiasa.

    Reporter : Arinal Haq