BLANTERORBITv102

    Serunya Reading Challenge ODOP 2022 dan Kampanye Anti Buku Bajakan

    Kamis, 03 Maret 2022

    Bagi anggota ODOP, pasti sudah tidak asing saat mendengar Reading Challenge ODOP (RCO). Kegiatan ini berlangsung setiap tahun dan menjadi salah satu program ODOP yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Terbukti, ada banyak anggota ODOP yang ikut RCO di setiap tahunnya.

    Program RCO ini diadakan untuk mewadahi para anggota ODOP yang gemar membaca atau ingin membiasakan diri rajin membaca buku. Karena anggota ODOP merupakan kumpulan para penulis, maka kegiatan membaca menjadi hal terpenting untuk memperkaya diksi dan ilmu.

    kampanye anti buku bajakan

    Tahun 2022 ini, RCO sudah diadakan ke-10 kalinya. Dimulai pada 1 Februari hingga 18 Maret 2022, RCO diikuti oleh 45 peserta. Ada pun Penanggung Jawab (PJ) RCO 10, di antaranya Novia Andriyani, As Suci, Naqiibatin Nadliriyah, Simiati Nurwakhidin, dan Yonal Regen.

    Reading Challenge ODOP dan Kampanye Anti Buku Bajakan

    Untuk pembukaan RCO, dimulai sejak 23 hingga 30 Januari. Berikut syarat untuk mengikuti RCO 10, di antaranya pendaftar merupakan anggota ODOP 1-9, memiliki komitmen baca hingga akhir tantangan, mengisi formulir pendaftaran yang sudah di-share di Grup ODOP, bersedia mengikuti kegiatan RCO sejak 1 Februari hingga 18 Maret.

    Diadakan selama 46 hari, RCO 10 memiliki 4 level, di antaranya Level 1 pada 1 hingga 10 Februari 2022, Level 2 pada 11 hingga 21 Februari 2022, Level 3 pada 22 Februari hingga 5 Maret, dan Level 4 pada 6 hingga 18 Maret.

    Tiap level memiliki tema buku bacaan yang harus diikuti oleh peserta, yaitu Level 1 dengan tema fiksi romance, Level 2 dengan tema bebas, Level 3 dengan tema nonfiksi traveling dan self improvement, dan Level 4 temanya masih dirahasiakan oleh pihak PJ RCO.

    Keseruan RCO tahun ini pun turut dibagikan ke Instagram @komunitas.odop. Berikut beberapa keseruannya yang bisa dilihat melalui tautan di bawah ini.

    1. Keseruan RCO Day 2 https://www.instagram.com/p/CZeMmqZPKqX/?utm_medium=copy_link.

    2. Keseruan RCO Day 9 https://www.instagram.com/p/CZwIx0nv3AS/?utm_medium=copy_link.

    3. Keseruan RCO Day 16 https://www.instagram.com/reel/CaCYJ0elwmH/?utm_medium=copy_link.

    4. Keseruan RCO Day 25 https://www.instagram.com/p/CaZmqpavjVh/?utm_medium=copy_link.

    Ada pun syarat buku yang harus dibaca, di antaranya:

    1. Buku yang dibaca harus sesuai dengan tema tantangan dari setiap level.

    2. Buku berupa e-book atau fisik.

    3. Buku yang dibaca berasal dari sumber bacaan yang legal.

    4. Minimal satu judul buku bacaan yang dibaca bila tambah lebih bagus.

    5. E-book legal bisa dibaca melalui Ijakarta, Ipusnas, Gramedia Digital, Google Playbook, Kindle, Lontara, dan lain-lain.

    6. Membaca sesuai minimal halaman yang telah ditentukan oleh PJ.

    7. Memiliki media sosial dan blog.

    Untuk lolos ke level selanjutnya, peserta harus menaati dan menyelesaikan tantangan membaca di level sebelumnya. Nantinya, peserta yang berhasil lolos hingga akhir akan mendapatkan penghargaan berupa peserta terbaik. Peserta terbaik akan dipilih berdasarkan setoran tiap hari tanpa absen dan memiliki total bacaan yang dibaca atau poin terbanyak.

    Para PJ RCO 10 berharap, dengan adanya RCO ini bisa menjadi wadah dalam membiasakan anggota ODOP untuk membaca. Sebab, menulis tanpa membaca, maka tulisan jadi tidak bernyawa.

    Selain itu, para PJ RCO 10 juga turut mengampanyekan kegiatan membaca buku baik e-book maupun fisik dari sumber yang legal. Dengan begitu, tidak ada lagi anggota ODOP yang membaca buku dari sumber yang ilegal dan turut membagikan e-book maupun buku fisik ilegal ke beberapa grup literasi.

    Untuk tahun ini, RCO entah akan diadakan dua kali atau tidak. “Saya kurang tahu apakah akan ada kedua kalinya atau tidak. PJ saat ini untuk batch 10 saja. Yang menentukan ada RCO (lagi) atau tidak dari Ketua Umum ODOP (Jihan Mawaddah),” ujar Ketua PJ RCO 10, Novia Andriyani.

    Reporter : Dyah Yukiita (ODOP 3)