Agar Membaca Menyenangkan

Posted by Labels: pada

Agar Membaca Menyenangkan

Oleh: Farisal Madjid

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, maka membaca merupakan hal pokok yang harus kamu lakukan. Ibarat ingin berlari kencang, tentu kita membutuhkan banyak stamina. Nah, membaca juga demikian. Ia memberi kita kekayaan ide, diksi, hingga alur menulis dengan meniru dan memodifikasi hasil bacaan tersebut.

Namun seringkali, kita merasakan bosan saat membaca. Baru mulai di lembar pertama, rasa ngantuk sudah menyerang. Membaca seperti obat tidur yang mempunyai reaksi cepat.

Terkadang juga sering merasakan pusing setamsil habis naik roller coaster. Padahal kamu hanya duduk saja dan melihat teks yang ada di buku atau di gawai kamu. Semangat membara rasanya tidak cukup untuk memulai lembar demi lembar dalam membaca.

Tenang saja. Berikut ini kiat agar kamu lebih bisa menikmati bacaan dan menyelesaikan buku yang sedang kamu targetkan selesai.

1. Niatkan Lebih Keras

Tidak ada yang bisa membantu diri kamu selain kamu sendiri. Jika kamu benar-benar memiliki alasan yang jelas, pasti itu akan berpengaruh terhadap durasi dan kualitas membacamu.

Jangan gampang menyerah dengan mood. Sebenarnya, jika kamu tahu bahwa yang kita baca adalah sesuatu yang penting, entah itu sebuah referensi untuk tulisan atau bahkan sesuatu yang berguna lainnya, niscaya dengan sendirinya kamu akan memiliki determinasi lagi, kok.

2. Minum Cukup Air Putih

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan bisa jadi akan menghambat waktu membacamu. Maka sangat penting untuk meminum cukup air putih untuk mengembalikan kodisi tubuh kamu agar lebih prima.

Air juga akan membuat kamu punya cukup oksigen dan terlihat lebih segar. Selain membantumu agar tetap fokus selama membaca, minum air juga bisa mengusir rasa ngantuk. Jadi kamu bisa leluasa menghabiskan bacaan kamu.

3. Mendengarkan Musik

Agar lebih rileks, coba tambahkan beberapa lagu yang bisa membaut mood membacamu jadi baik. Kamu bisa dengan mencoba beberapa lagu klasik seperti yang ada di toko buku Gramedia, atau lagu favorit kamu.

Sangat disarankan untuk mendengarkan lagu beat sebelum membaca. Ini memacu otak kamu untuk lebih semangat dan lebih gembira. Suasana hati kamu juga akan terpengaruh loh.

4. Mencari Tempat yang Nyaman

Kursi yang empuk bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat saat kamu membaca. Dengan duduk bersandar dan meluruskan kaki, kamu bisa lebih nyaman dalam membaca. Hasilnya, tidak terasa satu bab dalam buku telah kamu selesaikan.

Kamu juga bisa memilih untuk membaca di taman. Suasana alam yang sejuk akan membantu kamu untuk lebih segar dan fokus. Jika sudah mulai ngantuk, bunga dan pepohonan akan mengembalikan semangat kamu dalam membaca.

5. Pilih Buku yang Tepat

Entah kamu suka membaca atau tidak, jika kamu menemukan sebuah buku yang tepat, maka menghabiskan waktu berjam-jam tidak akan terasa. Karena dalam buku tersebut mengandung bahasan yang sedang kamu cari atau sesuai dengan kehidupanmu.

Memilih buku dari penulis ternama dan sudah dibaca banyak orang mungkin adalah pilihan yang tidak salah. Sudah terbukti dinikmati oleh banyak orang, tentu akan membuat kamu tertarik dalam dunia membaca.

Karena topik, alur pembahasan, dan gaya bahasa setiap penulis itu beda-beda. Yang perlu kamu lakukan adalah mencarinya. Bisa dengan meminjam buku ke teman atau langsung survey ke toko buku terdekat.

Nah ... itu semua tips yang bisa kamu lakukan agar waktu membacamu lebih menyenangkan. Urutan tips di atas bukanlah prosedur mutlak yang harus kami ikuti secara runtut. Kamu bisa memulai dari mana saja, kok. Asalkan sesuai dengan diri kamu saja. Selamat membaca!

Farisal Madjid anggota ODOP batch 6.

Posting Komentar

Back to Top