Berkemah? Di TNGHS Saja!

Diposting oleh Label: pada

Oleh: Sulaeman Daud

Menjadi seorang pramuka, berkemah sudah seperti hobi saja. Oleh karenanya mencari tempat asik buat ngopi di malam hari sambil menikmati bintang gemintang menghias langit malam sudah menjadi prioritas. Suasana hutan yang rimbun dengan udara segar yang menghembuskan angin ke dalam dada, serta pemandangan yang tidak kalah indahnya, semuanya dapat kawan-kawan nikmatin di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) di Sukabumi, Jawa Barat. Tak hanya itu, kicauan burung dan meronanya mentari yang terbit di ufuk timur akan semakin membuat kawan-kawan terpesona.

TNGHS merupakan Taman Nasional yang memiliki luas 113.357 hektare, dan merupakan hutan lindung yang dilindungi oleh Undang-undang. Ada dua puncak gunung yang menjadi ikon TNGHS, yaitu Gunung Halimun dan Gunung Salak.


TNGHS terletak di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Untuk memasuki wilayah TNGHS, kita bisa melalui jalur Bogor atau Cidahu. Bagi pengunjung dari arah Jabodetabek, bisa memilih menuju arah Leuwiliang-Bogor. Sedangkan dari arah selatan bisa memilih jalur Cidahu-Sukabumi.

Semilir angin hendak menerpa tubuh para pendaki atau para pengunjung karena tempat ini berada di dataran tinggi dengan pohon-pohon damar yang menjulang tinggi begitu indahnya. Ada 700 jenis flora dan berbagai jenis fauna yang sangat langka di dalam hutan lindung ini, diantaranya macan tutul, elang jawa, kongkang jeram, dan banyak lagi lainnya.

Tak hanya mengunjungi ratusan flora dan fauna, di TNGHS kita bisa menikmati keasrian alam di malam hari dengan adanya Camping Ground. Kawan-kawan juga bias menikmati keindahan air terjun, puncak halimun, dan kawah ratu di dalamnya. TNGHS adalah tempat ideal untuk mengadakan kegiatan-kegiatan perkemahan, mendaki, atau hanya sakadar menikmati indahnya lukisan Tuhan.


Untuk masuk ke dalamnya kita cukup membayar Rp15.000 untuk tiket kunjungan per orang. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi jiwa. Apabila ingin mengadakan perkemahan di Camping Ground area Blok 1, 2, atau 3 kita dapat menambahkan harga tiketnya sekitar Rp32.000. Tak perlu ketakutan dengan biaya tersebut, karena kita bisa menikmati seluruh fasilitas di TNGHS, asal tetap dengan sopan dan santun yang terjaga. Jadi kenapa harus ragu lagi?Berkemah? Di TNGHS saja!

Sulaeman Daud merupakan anggota dari ODOP Batch 7. Biasa dipanggil Sule. Saat ini bertempat tinggal di Cidahu-Sukabumi dan menikmati perannya sebagai pecinta alam.
Posting Komentar

Back to Top