5 Aplikasi Infografis untuk Mempercantik Tampilan Blogmu

Diposting oleh Label: pada

Oleh: Wiwid Nurwidayati

Tell your stories and present your data with infographics.” –Venggage.com

Jika kamu seorang narablog, apa yang kamu lakukan untuk menarik perhatian pembaca agar menyukai blog atau tulisanmu? Atau mungkin kamu sedang mengikuti blog competition,  hal apa yang kamu lakukan agar tulisan yang kamu ikut sertakan bisa menarik para juri? Tentu saja selain tulisan yang unik dengan bahasa yang luwes, kamu memerlukan tambahan infografis yang menarik dan mewakili poin-poin dari tulisanmu.

Jangan abaikan pentingnya infografis untuk tulisan di blogmu. Seperti kalimat semboyan 4 sehat 5 sempurna, maka sebuah tulisan di blog akan semakin terlihat sempurna jika ditambahkan infografis yang menarik. Diibaratkan nilai tulisanmu sudah mencapai 80 maka jika ditambahkan infografis yang bagus dan menarik dan mampu wewakili poin-poin penting dari isi tulisan, maka kamu berhak mendapatkan nilai 100. 

Mungkin selama ini kamu berpikir jika membuat infografis itu harus mahir aplikasi photoshop. Sebenarnya tidak salah, hanya saja sekarang ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu membuat infografis sesuai dengan yang diinginkan. Terdapat juga banyak template yang bisa dipilih dan kamu tinggal mengeditnya sesuai dengan isi tulisan di blogmu.

Nah kamu bisa mengunjungi 5 aplikasi online ini lalu mendaftar di sana dan segera buat infografis yang menarik untuk disisipkan di blogmu:

1. Canva

Canva versi terbaru saat ini sudah banyak sekali pilihan templatenya. Canva menyediakan berbagai macam template seperti untuk membuat  brosur menu makanan, header blog, status media sosial dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa memilih salah satunya, lalu mengeditnya sesuai dengan isi tulisan. Selain banyak template, Canva menyediakan banyak gambar, font, background picture juga ikon-ikon kecil sebagai tambahan.

Di Canva sebagian besar fitur gambar, ikon bisa dipakai secara gratis, meski begitu ada juga yang berbayar dengan harga mulai $1. Kunjungi webnya di https://www.canva.com.

2. Easel.ly

Tidak jauh berbeda dengan Canva, Easel.ly menyediakan berbagai macam design template. Di sana juga tersedia pilihan teks, font, warna, dan gaya. Template yang disediakan di Easel.ly jauh lebih beragam. Pilih yang kita suka, edit sesuai kebutuhan dan sisipkan dalam tulisan kita di blog.

3. Venngage

Venngage lebih sederhana dan mudah digunakan. Tersedia juga banyak pilihan ukuran teks, font, warna dan tentunya template yang beragam. Pilih sesuai dengan yang kita butuhkan dan edit sesuai dengan isi tulisan.

4. Visme

Visme menyediakan banyak template seperti template untuk presentasi, spanduk dan infografis. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan edit untuk menghasilkan visualisasi terbaik.

5. Photoscape

Untuk aplikasi photoscape kamu tinggal download dari google. Photoscape memberikan banyak pilihan untuk mendapatkan hasil olahan gambar terbaik. Selain itu Photoscape juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran gambar sehingga sangat membantu sekali meminimalisir jumlah pixel untuk gambar yang akan kamu sisipkan di blog. 

Ada beberapa pilihan menu editor gambar di photoscape antara lain:

Editor : Pengguna bisa menambahkan berbagai aksesoris seperti bingkai, atau menambahkan teks, animasi-animasi lucu yang bisa ditambahkan di gambar utama.
Combine : Pengguna bisa menggabungkan berbagai gambar kemudian menambahkan berbagai aksesoris sehingga hasil akhir olahan gambar akan semakin menawan dan rapi.
Animated Gif : Pengguna bisa membuat animasi gambar dalam bentuk GIF. Tinggal mengedit waktu tampilan dan effect lainnya.

Tentunya masih banyak lagi pilihan di aplikasi Photoscape ini. Kamu bisa mempelajari dan mengunakannya sesuai dengan kebutuhan.
  
Nah, tak perlu lagi bingung untuk mendapatkan infografis yang menarik untuk disisipkan di antara tulisan di blogmu. Segera ke situs aplikasi online di atas ya. Selamat membuat infografis yang menarik! []

Wiwid Nurwidayati, pegiat literasi tinggal di Batam, Kepulauan Riau.

Posting Komentar

Back to Top