Menulis Itu Mudah

Diposting oleh Label: pada

Oleh: Alif Kiky Listiyati

Banyak orang yang berpikiran bahwa menulis itu merupakan sebuah pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh orang pintar dan orang yang memiliki bakat. Anggapan tersebut tentu saja tidak sepenuhnya bisa dibenarkan, karena pada dasarnya seseorang yang sudah mengenal huruf bisa dipastikan bisa menulis. Lantas, mengapa ada seseorang yang hasil karya tulisannya enak dibaca dan sangat menyentuh? Nah, berikut ini tips bagi kamu yang ingin menjadi penulis tapi bingung harus melakukan apa.

Perbanyak Bacaan

Menulis dan membaca merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Jika kamu ingin mahir menulis, cobalah untuk memperbanyak buku yang harus kamu baca. Hal ini untuk melatih kamu dalam mengembangkan ide atau gagasan menjadi sebuah tulisan. Dengan membaca juga kamu akan memperoleh banyak ide tentang tulisan yang ingin kamu kembangkan. Jadi jangan malas membaca, ya!

Ikut Komunitas Literasi

Agar memiliki banyak pengetahuan tentang dunia menulis kamu bisa mengikuti beberapa komunitas literasi yang ada di sekitarmu. Salah satunya adalah komunitas One Day One Post. Dengan berkomunikasi kamu akan menemukan teman yang se-visi denganmu, dengan begitu kamu akan memperoleh banyak energi dalam komunitas dalam mengembangkan tulisanmu agar lebih berkembang baik.

Perbanyak Latihan

Memiliki kemampuan menulis bukan hanya sebuah bakat yang ingin digali, asal kamu punya minat dalam hal menulis dan ingin kamu kembangkan bukan tak mungkin kamu akan menjadi orang besar. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melatih kemampuan menulis kamu. Tulislah apa saja yang ada di pikiranmu ke dalam sebuah tulisan dan lakukan terus-menerus setiap hari. Dengan latihan menulis setiap hari, bukan tak mungkin tulisanmu bisa melebihi penulis favoritmu.

Berguru pada Orang yang Ahli

Jika sudah banyak berlatih menulis, kamu pasti sudah mengenal jenis tulisanmu dan bagaimana bahasa tulisanmu. Jangan ragu untuk menjadi guru ataupun mentor yang bersedia membimbing tulisanmu menjadi lebih baik. Kamu bisa mendatanginya secara langsung, melalui pesan langsung, ataupun mengikutinya jika terdapat kelas daring. Selain menambah wawasan tentang dunia kepenulisan, kamu juga akan mendapat berbagai ilmu dari pengalaman menulisnya secara lebih eksklusif.

Terima Kritik dengan Lapang Dada

Adakalanya tulisan yang telah kamu buat akan mendapat masukan dari para ahli. Hal ini janganlah membuatmu berputus asa, teruslah memperbaiki setiap masukan yang diberikan.Galilah setiap masukan dengan mencari ilmu tentang kepenulisan. Jangan sampai kamu berhenti karena tulisanmu belum mendapat respon positif. Terus berlatih dan kembangkan setiap ide yang muncul dipikiranmu.

Tentukan Target

Agar latihan menulis tidak menjadikanmu bosan atau pun lelah, kamu bisa menentukan target latihan. Target awal bisa kamu sesuaikan dengan tingkat yang ringan. Kamu bisa menulis 100 kata setiap hari selama 1 minggu, kemudian meningkat di minggu berikutnya menjadi 200 kata, dan meningkat sesuai target yang kamu sanggupi.

Terus Bersemangat

Menulis bukanlah hal yang berat, karena dengan rajin menulis maka skill menulis dapat terasah. Asah terus jenis tulisan yang kamu minati dan buatlah kamu mahir di bidangnya. Meski terkadang rasa malas menghampiri, lihat kembali mimpi-mimpimu tentang dunia kepenulisan ini. Bergabung di komunitas juga akan menambah semangat kamu dalam menulis, melalui berbagi pengalaman dan ilmu akan mengasah kemampuanmu dalam menulis.

Merangkai kata bukan hanya sekedar mimpi. Kamu bisa mewujudkannya. Terus berlatih dan temukan jenis tulisan terbaikmu!
Posting Komentar

Back to Top