Chania
Edisi 10/I/Desember 2019
Oleh: Rika Altair

Banyak orang masih beranggapan bahwa, kegiatan menulis adalah hal yang hanya dilakukan oleh mereka yang berbakat, atau memang punya ketertarikan besar di dunia tulis menulis. Tak hanya itu, menulis juga lebih dikenal dengan aktivitas sampingan untuk menyalurkan kata-kata. Jika pun bisa mendatangkan keuntungan, pastinya hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah punya nama besar, atau punya karya-karya yang telah diakui publik. Misalnya karya yang telah mendapat predikat best seller dan menjadi incaran pembaca setiap kali buku sang penulis diluncurkan.

Apakah ini artinya keuntungan dari menulis tidak bisa dinikmati oleh para penulis pemula atau yang belum punya karya berupa buku? Tentu saja tidak. Siapa pun yang punya hobi menulis bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan karya tulisnya. Saya pribadi awalnya juga tidak percaya kalau sebuah tulisan bisa mendatangkan penghasilan. Namun kini saya telah merasakan keuntungan dari hobi menulis. Bahkan kalau benar-benar ditekuni, bisa mencapai sekitar 45% dari pendapatan utama. Penasaran? Berikut beberapa cara agar hobi menulismu bisa mendatangkan keuntungan.

1. Membuat Blog

Untuk menyalurkan hobi menulis, salah satu media yang paling efektif adalah blog. Melalui blog pribadi ini kita bisa menerbitkan berbagai jenis tulisan. Keuntungan dari blog adalah, setiap tulisan bisa langsung terbit dan sampai kepada pembaca lebih cepat. Namun tentunya kita juga harus mampu menghasikan tulisan yang menarik, agar orang-orang tertarik untuk membaca isi blog kita.

Agar tulisan di blog menarik, buatlah konten tulisan yang banyak dicari atau bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk memerhatikan originalitas tulisan. Sehingga pengunjung blog akan merasa puas dan memberikan respon postif terhadap konten yang disajikan. Selain itu pilihlah desain blog yang menarik dan friendly pembaca. Sehingga pembaca juga betah setiap kali berkunjung.

Jika blog kita telah dikenal dan banyak mendapatkan kunjungan, maka bukan tidak mungkin akan banyak brand atau pun perusahaan yang melirik dan menawarkan kerjasama. Misalnya tawaran content placement, review, atau promosi.

2. Ikut Kompetisi Menulis

Saat ini banyak sekali diadakan kompetisi menulis dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Nah, kamu pun bisa mencari keuntungan menulis dengan mengikuti berbagai kompetisi menulis. Pilih kompetisi yang kira-kira bisa kita ikuti. Hal yang perlu diingat jika mengikutkan tulisan dalam sebuah kompetisi adalah kesiapan yang matang. Sehingga berpeluang untuk menjadi salah satu juaranya. Jadi jangan pernah ikut kompetisi tanpa persiapan. Misalnya mengirim tulisan di detik-detik terakhir. Atau enggan mencari dan mempelajari referensi yang dibutuhkan.

Jika belum bisa memenangkan kompetisi menulis, maka jangan buru-buru menghakimi diri tidak berbakat atau tulisan jelek. Tetapi asahlah terus kemampuan menulis. Jadikan kompetisi itu ajang latihan untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Karena dari terbiasa inilah kamu akan jadi bisa nantinya. Dan bukan tidak mungkin di kompetisi selanjutnya namamu yang akan terpampang sebagai juaranya.

3. Menulis Review

Suka baca buku? Nah tidak ada salahnya setelah selesai baca buku, kamu buat review  hasil membaca itu dan beranikan diri untuk mengirim tulisan itu ke media cetak. Jika tulisan review itu disukai oleh mereka, maka kamu bisa mendapatkan bonus buku baru dari penerbit dan ditambah uang saku. Lumayan, kan?

4. Buat Tulisan Untuk Media Massa

Punya banyak ide untuk dituliskan? Nah, dari pada ide itu cuma berputar-putar di kepala, lebih baik segera eksekusi ide tersebut dan kirimkan ke media cetak. Pilih saja rubrik opini atau kolom cerita pada sebuah surat kabar maupun majalah. Jika berhasil lolos, maka kamu bisa mendapatkan honor menulis yang lumayan, lho. Biasanya honor menulis di media cetak itu  berkisar antara Rp200.000-Rp1.000.000.

Jika ingin mendatangkan penghasilan tambahan dari hobi menulis, maka jangan pernah menyerah atau pun putus asa untuk terus mencoba di setiap kesempatan. Jika pun satu kesempatan belum bisa mendatangkan keuntungan, bukan berarti tidak terbuka kesempatan lainnya. Teruslah asah kemampuan menulis dan yakinlah bahwa kelak tulisanmu juga bisa bernilai lebih dari sekadar bacaan. Dan jangan pernah berhenti untuk mengasah skill menulis agar tulisan kita layak dihargai dengan nilai yang sesuai. Selamat mencoba, ya, sobat semua.

Rika Altair adalah nama pena dari Rika Widiastuti, anggota ODOP 3 yang tinggal di Lampung. Tulisannya bisa dibaca di blog www.rikaaltair.com

Komentar Pembaca

Zen

Mantap

Lilis Odiah

Halo Lampung Bermanfaat sekali tulisannya

Berikan Komentar