Chania
Edisi 6/I/Agustus 2019
Oleh: Betty Irwanti

Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang sangat sayang jika tak kita kenali. Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing. Boleh jadi, ada budaya yang tampak aneh di suatu daerah, namun jadi sebuah kebiasaan di daerah lainnya.

Sebuah buku berjudul Birama Rona Budaya yang diterbitkan Embrio Publisher, mengetengahkan tema budaya pada kebiasaan masing-masing daerah dalam bingkai kumpulan cerita pendek.

Buku ini di-endorsment oleh lima orang, diantaranya oleh Suden Basayev, Ketua Komunitas One Day One Post saat ini.

"Rasanya tidak ada kata bosannya menyimak setiap kisah dengan unsur lokalitas daerah di Indonesia seperti ini. Kekayaan adat dan budaya berhasil diramu para penulis sungguh informatif dan penyampaiannya mengalir seperti cerita tanpa kesan menggurui, padahal ini adalah kumpulan guru bagi generasi muda." (Halaman 4)

Cerpen pembuka adalah tulisan Ajie Aria Mahendra, seorang guru SMP swasta di kota Bandung yang juga anggota Komunitas ODOP. Ia menulis sebuah kisah alat musik bambu:

"Alat musik yang terbuat dari barisan bambu-bambu dengan berbagai ukuran yang terderet berurutan. Juga berbagai bentuk dengan barisannya masing-masing. Semua dalam posisi tergantung. Di bawah masing-masing barisan bambu itu terdapat bambu besar yang berputar dengan pemukul yang menempel. Tampaknya gagasan ini dikembangkan dari musicbox. Namun ukurannya besar dan berbahan bambu." (Halaman 18)

Ada total 17 cerita tentang budaya yang ditulis 17 penulis dengan berbagai latar belakang. Ada 5 penulis laki-laki dan sisanya perempuan. Buku ini sarat warna, sangat cocok dibaca siapa saja yang ingin lebih dalam memaknai arti budaya lokal masing-masing daerah.

Di bagian akhir buku ada penutup dari Muhammad Rafiyudin, penulis muda dari Serang, Banten. Dia memberikan saran cukup bagus untuk anak-anak muda Indonesia dalam menyikapi budaya pelajar yang mulai terindikasi ke hal-hal negatif, tawuran misalnya.

"Tunjukkan pada dunia, bahwa Indonesia bukan hanya sekedar nama yang memiliki berbagai macam budaya. Tapi Indonesia adalah sebuah negara maju dengan beribu-ribu budayanya." (Halaman 173)

Buku ini berisi beragam kisah cinta dan cita dari berbagai penjuru nusantara yang dibumbui nilai-nilai budaya dengan sangat nikmat.

Selamat membaca.

Judul : Birama Rona Budaya
Penulis : Ajie A. Mahendra dkk (One Day One Post Community)
Penerbit : Embrio Publisher
ISBN : 978-602-53061-6-7
Cetakan : I, November 2018
Tebal : 186 halaman

@AulaKorwilBidikKecamatanBantarsari, Cilacap, 22 Juli 2019, 08.45

Betty Irwanti Joko penulis Novel Isa Bella, anggota ODOP Batch 6, aktif di program ODOP di antaranya: Kelas Fiksi, RCO Batch 3, NAC Batch 3, dan OTM Batch 2.

 

Komentar Pembaca

Berikan Komentar