Chania
Edisi 6/I/Agustus 2019
Oleh: Novarina DW

Memulai menulis bagi siapapun kadang terasa berat. Ada saja yang menghalangi untuk memulai aktivitas yang satu ini. Ketika tiba-tiba terlintas ide untuk menulis, hanya karena tidak menyiapkan buku catatan, tulisan akhirnya tidak jadi dieksekusi. Satu lagi kesempatan menghasilkan sebuah karya terlewat begitu saja.

Hal ini tidak hanya dialami bagi siapapun yang mencoba dan memulai untuk menjadi penulis. Bahkan, seseorang yang sudah sering menulis, tidak serta menghasilkan sebuah tulisan, apabila tidak segera menggerakkan jemari untuk menulis. Apalagi bagi para penulis pemula.

Nah, kali ini ada beberapa tips atau kiat bagi para penulis pemula (juga siapapun). Simak, yuk :

  • Siapkan buku catatan atau notes

Mempunyai buku catatan atau notes cukup penting bagi seorang penulis. Bila sewaktu-waktu ide muncul, bisa langsung dicatat. Banyak hal yang bisa menjadi ide untuk menulis, dan itu bisa datang kapan pun, di mana pun dari siapapun dengan cara apa pun.

  • Niat saja tidak cukup

Niat dan semangat saja tidak cukup. Harus ada aksi. Tumbuhkan semangat pada diri, bahwa kita bisa. Kalau orang lain bisa, kita juga pasti bisa. Buktikan dengan karya nyata. Komentar, saran, kritikan, masukan atau apa pun yang datang itu supaya kita bisa menjadi lebih baik lagi, memberi dan menghasilkan karya terbaik, bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain, agar mereka juga bisa menjadi lebih baik bahkan bermanfaat. Belajar dari hal yang sedikit dulu. Mungkin hasilnya masih buruk di mata orang lain. Setidaknya sudah ada aksi untuk mencoba. Tidak perlu minder, tetap percaya diri bahwa kamu bisa menulis dari hati dan murni karya sendiri.

  • Jangan menunda

Segala sesuatu, apalagi itu untuk kebaikan, bila kita menunda untuk melakukannya, pasti akan menimbulkan penyesalan. Termasuk juga kesempatan bisa menuang kata dalam bentuk tulisan yang bermanfaat. Tidak semua orang memndapatkan kesempatan baik dan ketrampilan menulis.

  • Belajar editing

Siapapun yang suka menulis dan mempunyai cita-cita untuk menjadi penulis, sebaiknya mau belajar mengedit atau memperbaiki tulisan, setidaknya tulisan sendiri. Bagi penulis pemula, dilakukan saja pelan-pelan. Sebelum mengirim tulisan, baca kembali, lalu endapkan atau berhenti sejenak, lalu baca kembali. Apabila sudah merasa sreg dengan tulisan, ejaan sudah benar, tidak ada kesalahan ketik dan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar, barulah dipublikasikan. Belajar mengedit tulisan secara mandiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tulisan.

  • Sesuaikan kemampuan

Jangan memaksakan diri kala membuat tulisan. Sesuaikan dengan kemampuan. Belajar dari yang sedikit dulu, misalnya dimulai dari satu paragraf sebagai pembuka. Tambahkan terus paragrafnya hingga membentuk satu tulisan atau cerita yang utuh.

  • Banyak membaca

Seseorang yang suka membaca belum tentu mampu menjadi seorang penulis yang baik. Sebaliknya, seorang penulis yang baik tentu sesoang pembaca yang baik. Perbanyak bahan bacaan agar semakin banyak ide untuk menulis.

  • Konsisten

Menjalani suatu aktivitas secara konsisten memang tidak mudah. Tetapi semua kembali pada niat diri. Biasakan menulis setiap hari, meskipun hanya beberapa paragraf. Anda akan merasakan perbedaan, antara konsisten menulis dan tidak.

  • Jangan takut

Kebanyakan penulis pemula merasakan takut dan khawatir bila tulisan tidak ada yang membaca. Jangankan memberikan saran atau masukan dalam kolom komentar, memberikan tanda jempol saja tidak ada yang bersedia. Hal-hal ini bisa menghambat seorang penulis pemula menjadi enggan untuk menulis. Sebaiknya, kekawatiran tersebut dihilangkan saja. Menulis ya menulis saja. Bila orang lain tidak mau membaca, setidaknya diri sendiri bersedia untuk itu.

“Seringkali hal yang membedakan orang yang sukses dengan orang yang gagal bukanlah kemampuan atau gagasan yang cemerlang, tetapi semangat yang dimiliki oleh seseorang untuk mempertaruhkan gagasan mereka, dengan segala resiko yang telah diperhitungkan dan keberanian untuk bertindak” (anonim).

Nah, itulah beberapa tips menulis bagi para pemula. Eh, tetapi buat siapa saja juga boleh. Tetap semangat menulis, ya!

Novarina DW Ibu 1 anak, ASN di Pemkab Nganjuk. Penulis buku, blogger dan freelance writer. Akun Facebook: Novarina Dian Wardani, IG: @nova_dw, blog : www.nodiwa.com, email : nodiwa.78@gmail.com.

Komentar Pembaca

Berikan Komentar