Chania
Edisi 5/I/Juli 2019
Oleh: Suden Basayev

Berbicara tentang persahabatan seolah tiada habisnya. Sahabat dan kehadirannya dalam hidup kita telah memberikan beribu arti, mewarnakan pelangi, menghias hari-hari dengan senyum, canda, dan tawa. Sahabat yang memahami bagaimana kita, seperti apa pribadi kita, yang bersamanya kita merasa bebas meluapkan segala rasa tanpa beban. Tidak ada yang perlu ditutup-tutupi, bersuka-ria tanpa sekat.

Sebuah buku berjudul Freunde, yang diterbitkan Embrio Publisher, mengetengahkan tema persahabatan dalam bingkai kumpulan cerita pendek. Pada kata pengantar disebutkan bahwa semua manusia menapak kisah hidupnya di dunia ini dengan berbagai kisah, kisah yang selalu menyimpan kenangan tersendiri bagi yang merasakannya: unik, istimewa, abadi, meruapkan kegembiraan, kebahagiaan, setia kawan, namun terkadang mengharu biru. (hal. 5) Dan buku ini merefleksikannya, ada gembira, senang, bahagia, marah, kecewa, dan sedih.

Cerpen pembuka adalah tulisan Heru Sang Amurwabhumi, sesepuh Komunitas ODOP sekaligus Ketua Umum pertama di komunitas ini, yang sangat konsisten berkarya dengan napas sejarah. Kali ini ia menulis sebuah kisah persahabatan unik dari dua tokoh yang mewakili kepercayaan Syiwa yakni Sabda Palon, dengan Raden Sayyid Ali Rahmad mewakili kepercayaan Islam, dengan latar sejarah runtuhnya Majapahit dan bergantinya kekuasaan Demak dengan sengkala Sirna Ilang Kerthaning Bhumi.

Persahabatan lintas kepercayaan itu terasa sekali dalam dialog keduanya. Di antaranya: “Islam juga mengajari penganutnya untuk tidak berbuat zolim kepada sesama. Bagi kami, Syiwa Sogata adalah saudara tua yang harus dihormati dalam keberagaman. Islam dan Syiwa Sogata bisa hidup berdampingan dengan ajaran kasih masing-masing, tanpa ada duri-duri kebencian di antara keduanya.” (hal. 14)

Ada total 20 cerita tentang persahabatan yang ditulis 20 penulis dengan berbagai latar belakang, sehingga sangat sarat warna, sangat cocok dibaca siapa saja yang ingin lebih dalam memaknai arti persahabatan. Sahabat, se-menyebalkan apapun mereka, tetap saja berharga. Se-kocak apapun mereka, pasti memiliki cela. Tapi tak mengapa, setiap cerita adalah napas dan semangat tak terbilang. Setiap perhatian adalah suntikan energi tanpa lambang.

Selamat membaca.

Judul : Freunde
Penulis : Heru Sang Amurwabhumi, dkk (One Day One Post Community)
Penerbit : Embrio Publisher
ISBN : 978-602-51989-4-6
Cetakan : I, Juni 2019
Tebal : 276 halaman

Suden Basayev adalah ketua umum ODOP saat ini.

Komentar Pembaca

Berikan Komentar